Soal Nyanyi Indonesia Raya di Bioskop, Begini Tanggapan Tomy Satria

Wakil Bupati Bulukumba, Tomy Satria

Terkini.id,Bulukumba – Sejak Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kempora) mengeluarkan himbauan soal penonton menyanyikan lagu Indonesia Raya sebelum pemutaran film di bioskop mendapat reaksi yang luar biasa.

Bukan hanya reaksi negatif tetapi juga reaksi positif. Ada yang mengatakan menyanyikan lagu kebangsaan sebelum pemutaran film bertujuan meningkatkan rasa nasionalisme. Namun, imbauan tersebut juga justru menimbulkan kegaduhan di masyarakat.

Wakil Bupati Bulukumba Tomy Satria menanggapi soal edaran Menpora RI terkait menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya sebelum menonton film kesayangan Anda diputar di Bioskop.

Menurutnya, bisa saja edaran ini mengacu pada pengalaman betapa rasa nasionalisme kita semakin terdesak dengan penetrasi budaya dan ideologi dari luar.

“Saya mengalaminya. Terkadang ketika memimpin upacara, saat lagu Indonesia Raya dikumandangkan, masih ada saja peserta upacara yang sambil cengengesan menyanyikan Indonesia Raya dan sepertinya ogah ogahan,”tulis Tomy di akun facebook pribadinya.

“Atau ketika bendera dan lagu kebangsaan dikibar dan dikumandangkan, beberapa orang dengan santainya lalu lalang seolah tidak peduli dengan proses yang terjadi,”tegas orang nomor dua di Butta Panrita Lopi Bulukumba ini.

Saat menghadiri pelantikan Markas Anak Cabang Laskar Merah Putih Indonesia Kecamatan Bulukump pada Rabu 6 Februari 2019 kemarin, kebanggaan akan Indonesia terasa sangat kuat. Generasi Z yang bergabung dalam LMPI kecamatan Bulukumpa dengan penuh semangat menyanyikan lagu Indonesia Raya.

Generasi Z yang secara waktu mungkin tidak merasakan secara langsung upaya menegakkan harkat dan martabat bangsa, mampu menyanyikan penuh bangga lagu kebangsaannya.

“Jika kebanggaan ini terus dipupuk, maka saya tidak akan percaya Indonesia akan bubar dimasa mendatang. Ada generasi Z yang akan mengawal perjalanan sejarah bangsa ini,”tutupnya

Berita Terkait
Direkomendasikan
Komentar
Terkini
Bulukumba

Pemkab Bulukumba Terima SAKIP Award dengan Predikat B

Terkini.id,Bulukumba - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) melakukan penilaian terhadap Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP). Melalui kegiatan SAKIP Award 2018, Menteri