Suka Rela, Warga Perbatasan RI-Malaysia Serahkan Senpi ke Satgas Yonif R 303

Tulisan ini adalah kiriman dari Citizen, isi tulisan sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis.
Laporkan tulisan

Terkini.id, Mahakam Ulu,-Setelah dapurnya diperbaiki Satgas Yonif Raider 303/SSM Kostrad, salah seorang warga di perbatasan RI-Malaysia (AN, 62 tahun) menyerahkan senjata api (senpi) miliknya secara sukarela.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Yonif R 303/SSM Kostrad, Letkol Inf Taufik Ismail, S.Sos., M.I.Pol., dalam rilis tertulisnya di Kabupaten Mahakam Ulu, Kalimantan Timur, Rabu,18 Maret 2020.

Dijelaskan Dansatgas, untuk berbagai kepentingan, hingga saat ini sebagian warga di perbatasan RI-Malaysia masih menyimpan senpi.

“Selain senpi bisa membahayakan warga yang lain, kepemilikannya juga dapat berdampak kepada masalah hukum. Sehingga dalam beberapa kesempatan anjangsana, kita sampaikan pemahaman itu,”ujar Taufik.

Selain membina komunikasi, menurut Taufik, anjangsana ke rumah warga juga dimanfaatkan untuk mengetahui dan membantu warga yang mengalami kesulitan.

“Seperti AN, warga Desa Batu Majang, Kecamatan Long Bagun, ketika meminta tolong ke anggota Pos Kotis Satgas untuk membantu memperbaiki dapurnya,” ujar dia.

Menurut Taufik, sebagaimana komitmen saat berangkat tugas, mereka merasa sangat senang jika warga lebih dekat dengan Satgas.

“Karena, itu menunjukkan keberadaan kita diterima dan tentunya dibutuhkan warga,” tegas Taufik.

Seperti yang dilakukan terhadap Bapak AN, kata Taufik lebih lanjut, sambil membantu memperbaiki dapur, ketiga anggotanya juga menyampaikan berbagai hal yang bersifat himbauan maupun sosialiasi yang perlu diketahui warga

“Di antaranya tentang kepemilikan senjata ilegal. Itu disampaikan karena saat istirahat, anggota melihat adanya senjata api rakitan jenis penabur yang terpajang di rumah AN,” imbuhnya.

Setelah diberikan pemahaman tentang risiko kepemilikan Senpi, saat itu juga AN menyerahkan senjata yang menurutnya digunakan untuk berburu kepada Satgas.

“Sadar akan risikonya, terlebih senjata itu tidak dilengkapi dengan surat-surat resmi, akhirnya secara kesadaran dan sukarela AN pun menyerahkannya kepada anggota Satgas,” tandasnya.

Saat ini senjata api tersebut telah diamankan di Pos Kotis Satgas.

Komentar

Rekomendasi

Berita Lainnya

Akibat Informasi Hoax di Facebook dan Whatsapp Warga Memburu Bahan Pangan untuk Beberapa Hari

Antisipasi Corona, Peserta Seleksi Penerimaan Anggota Polri 2020, Polda Sulsel Laksanakan Verifikasi Online

Peduli Wabah Corona, Kerukunan Keluarga Bone Bagikan 690 Masker Gratis

Ada Apa, Seorang Pemuda di Amankan Unit Opsnal  Polres Gowa

YBM PLN Tetap Bantu UMKM Masyarakat di Tengah Wabah Covid-19 Bersama IZI Sulsel

UNM Berikan Keringanan Bagi Mahasiswanya Ditengah Pembelajaran Daring

Pemuda Malangke Lakukan Aksi Penyemprotan di Setiap Wilayah

Kapolres Gowa Lepas Secara Resmi BKO Brimob Polda Sulsel, Setelah Seminggu Bertugas

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar