Sukseskan PON XX Papua, TNI AL Kirim Tim Satuan Tugas Covid-19

Terkini.id, Jakarta –Kedatangan Tenaga Kesehatan TNI Angkatan Laut dan Institut Pertahanan Dalam Negeri (IPDN) yang tergabung dalam Satuan Tugas Covid-19 ke Papua. Kedatangan tim tersebut disambut penuh suka cita oleh Komandan Lantamal X Brigjen TNI (Mar) Feryanto P. Marpaung, Perwakilan Ormas GP Anshor Papua dan Perwakilan Ormas KNPI Papua di Lanud Silas Papare, Sentani, Kabupaten Jayapura. Kamis, 9 September 2021.

Satgas yang beranggotakan 81 orang terdiri dari 50 tenaga kesehatan (Nakes) TNI AL, 20 Nakes IPDN dan para sukarelawan yang membawa kelengkapan dan logistik kesehatan.

Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., dari Appron V4 Base Ops Lanud Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur melepas keberangkatan tim Satgas Covid-19 ke bumi Cendrawasih, Rabu, 8 September 2021 kemarin.

Baca Juga: PLN Gelontorkan Dana Rp313 Miliar Dukung Penyelenggaraan PON XX Papua

Komandan Lantamal X Jayapura, Brigjen TNI (Mar) Feryanto P. Marpaung mengatakan, kedatangan Tim Vaksinator tersebut dalam rangka mendukung kegiatan Serbuan Vaksinasi Covid-19 secara masif dengan target 70% menjelang pelaksanaan PON XX Papua yang akan dilaksanakan mulai Sabtu 11 September sampai Senin 20 September 2021 mendatang. 

“Dengan waktu yang ada selama 10 hari ini dan dengan jumlah Tim Vaksintor yang ada diharapkan pelaksanaan vaksinasi 70% sebelum pelaksanaan PON XX sudah tercapai,” ucap Komandan Lantamal X. 

Baca Juga: TNI AL Berkolaborasi Dengan Kemenparekraf Gelar Vaksinasi Go To School

Hal senada disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Angkatan Laut (Kadiskesal) Laksamana TNI dr. Agus Guntoro, SpBs yang memimpin langsung Satgas ini. Menurut dia, kedatangan Tim Vaksinator untuk membantu kegiatan vaksinasi yang sudah berlangsung selama ini di Kota Jayapura. 

“Kedatangan Tim Vaksinator dari TNI AL dan IPDN ini untuk memperkuat vaksinator di daerah yang sudah ada baik TNI, Polri maupun Pemerintah,  dalam rangka membantu program percepatan vaksinasi nasional terutama di wilayah Jayapura untuk mendukung dan menyukseskan PON XX di Papua,” terang Agus. 

Agus menambahkan kegiatan ini dilaksanakan dalam waktu 2 minggu. “Namun apabila masih dibutuhkan kami akan siap membantu pemerintah daerah Jayapura dalam melaksanakan percepatan program vaksinasi nasional agar herd immunity segera tercapai dan masyarakat papua terbebas dari pandemi covid,” tutupnya.

Bagikan