Susi Pudjiastuti Berikan Komentar tentang Laut Natuna

Terkini. id, Jakarta – Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti mengatakan bahwa China harus menghormati negara-negara yang ada di Asia Tenggara, termasuk negara Republik Indonesia.

Pernyataan yang dilakukan oleh Susi Pudjiastuti dibuat sebagai tanggapan darinya terhadap pidato dari Presiden China, Xi Jinping.

Pada pertemuan yang dilakukan oleh para pemimpin negara ASEAN pada hari Senin, 22 November 2021, presiden Xi Jinping menyampaikan pidato tentang kerja sama regional dengan negara-negara Asia Tenggara.

Baca Juga: Lagi! Kapal Ikan Asing Ditangkap TNI AL di Laut Natuna

Presiden Xi Jinping juga berpendapat dalam pidatonya. Dia berpendapat bahwa Cina adalah tetangga yang baik bagi negara-negara ASEAN.

Susi Pudjiastuti pun menanggapi pidato yang diberikan Xi Jinping melalui akun twitter pribadinya.

Baca Juga: Kemendagri: Dokumen Kependudukan yang Sudah Tidak Terpakai Jangan Dijual Kiloan

Dalam jawabannya, Susi Pudjiastuti menuntut agar China harus dapat menghormati kekayaan alam yang dimiliki oleh negara-negara Asia Tenggara, khususnya wilayah Laut Natuna Utara.

“Kedaulatan setiap negara sumber daya alamnya harus dihormati terlebih dahulu seperti yang telah disepakati,” kata Susi Pudjiastuti.

Selain itu, Susi Pudjiastuti juga mengingatkan kepada China tentang adanya aktivitas illegal fishing.

Baca Juga: Kemendagri: Dokumen Kependudukan yang Sudah Tidak Terpakai Jangan Dijual Kiloan

Belum lama ini, sebuah kapal China dikatakan telah melakukan intervensi di sebuah tambang minyak milik negara Indonesia di Laut Natuna Utara.

“Kegiatan pemancingan ilegal maupun kegiatan penelitian ilegal harus dihentikan. China harus mengambil inisiatif dengan penuh rasa hormat kepada semua negara tetangga,” tutur Susi Pudjiastuti, dikutip dari Pikiran Rakyat.com.

Bagikan