Makassar Terkini
Masuk

Bentuk Dukungan Masyarakat Atas Penolakan Penundaan Pemilu 2024, Tagar 214 Gerakan Akal Sehat Trending

Terkini.id, Jakarta – Tagar 214 Gerakan Akal Sehat trending. Hal ini menjadi bentuk dukungan masyarakat luas kepada mahasiswa atas aksi demonstrasi yang dilakukan pada Kamis, 21 April 2022. Dalam hal ini, Aliansi Mahasiswa Indonesia (AMI) Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Indonesia (BEM UI) membawa tujuh tuntutan kepada Presiden Jokowi.

Koordinator Departemen Sosial dan Politik BEM UI, Melki Sedek Huang, mengatakan ketujuh tuntutan tersebut diantaranya adalah mendesak Jokowi menolak wacana perpanjangan masa jabatannya, turunkan harga bahan pokok, dan pengusutan penyerangan terhadap warga sipil.

Selain itu, AMI juga menuntut Presiden Jokowi mengeluarkan pernyataan resmi menolak tegas penundaan pemilu, mendukung pemilu 2024 dan menolak perpanjangan masa jabatan.

Diketahui sebelumnya, Jokowi telah meminta pada sejumlah menteri dan bawahannya untuk berhenti menyuarakan soal penundaan pemilu. Namun masyarakat menilai, ucapannya belum menunjukkan adanya ketegasan untuk menolak wacana perpanjangan masa jabatan presiden.

Tuntutan tersebut tak jauh berbeda dari apa yang mahasiswa suarakan pada demo 11 April lalu. Selain soal pemilu, mahasiswa juga mengajukan tuntutan seperti menunda pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. 

Melki menambahkan, mereka akan berupaya agar demonstasi kali ini berjalan lancar dan tertib.

“Kami akan melakukan berbagai upaya untuk dapat bersuara dengan aman dan sekeras-kerasnya, hingga semua tuntutan tuntas terlaksana,” ujar Melki dikutip dari laman Tempo pada Rabu, 20 April 2022.

Para mahasiswa melakukan aksi di depan Istana Merdeka dan di depan Komplek DPR RI.