Temukan Pelanggaran Pemasangan APK, Panwaslu Binamu Tempel Stiker Peringatan

Temukan Pelanggaran Pemasangan APK, Panwaslu Binamu Tempel Stiker Peringatan

Terkini.id, Jeneponto – Temukan alat peraga kampanye (APK) dan bahan kampanye (BK) peserta pemilu yang melanggar aturan, Panwaslu Kecamatan Binamu Kabupaten Jeneponto menggelar penempelan sticker peringatan, Selasa, 8 Januari 2019.

APK yang diberikan peringatan dengan menempel stiker yang tertulis warning APK dan BK ini melanggar UU no 7 tahun 2017, tentang pemilu, PKPU no 33 tentang Kampanye, Perda no 4 2017 tentang penyelenggaraan ketenteraman dan ketertiban umum, dan SK KPU no 061 2018 tentang penetapan lokasi pemasangan APK.

Menurut Pimpinan Panwaslu Kecamatan Binamu Kabupaten Jeneponto, Syarifuddin, penempelan stiker peringatan APK dan BK melanggar itu dilaksanakan sesuai surat peringatan yang ditujukan kepada peserta tidak diindahkan.

“Setelah kita melakukan pengawasan, kita temukan sejumlah APK yang terpasang di lokasi yang bukan titik lokasi yang ditetapkan oleh KPU dan kita telah melayangkan surat penyampaian kepada peserta atau tim calon legislatif itu untuk ditertibkan sendiri. Namun itu tidak diindahkan, makanya kita tempel stiker peringatan APK dan BK melanggar,” kata Syarifuddin.

Dia juga mengatakan, selain menempel stiker peringatan, Panwaslu Kecamatan Binamu juga telah merekomendasikan APK dan BK yang melanggar ke Satpol PP untuk ditertibkan.

“Tanggal 31 Desember 2018 lalu, kami telah merekomendasikan APK dan yang melanggar untuk ditertibkan, seperti banner yang terpasang di pohon, baliho yang terpasang di tempat terlarang, seperti di gedung milik pemerintah, gedung sekolah, masjid dan tempat fasilitas umum, sesuai PKPU 33 tentang kampanye serta metode kampanye,” jelas Syarifuddin.

Syarifuddin mengaku, selama tahapan kampanye pemilu 2019, Satpol PP telah dua kali turun melakukan penertiban APK dan BK.

“Sudah dua kali Satpol PP turun tertibkan APK dan BK. Pertama pada tanggal 12 November 2018 Satpol menertibkan APK dan BK yang melanggar sebanyak 272, dan hari ini sebanyak 167 APK dan BK. Paling banyak banner yang terpasang di pohon,” ujarnya.

Berita Terkait
Komentar
Terkini