Masuk

Terbukti Dorong Kemandirian Ekonomi, Emak-Emak di Bone Dukung Ganjar Jadi Presiden

Komentar

Terkini.id – Relawan Mak Ganjar Sulawesi Selatan bersama 500 emak-emak Kabupaten Bone berkumpul dan menyuarakan aspirasi ‘Ganjar Presiden 2024’ di Desa Tompong Patu, Kecamatan Kahu, Kabupaten Bone, Sulsel, Senin 3 Oktober 2022. 

Konsolidasi dukungan Ganjar Presiden ini menjadi bagian dari acara ‘Dzikir Akbar dan Doa Bersama untuk Negeri’.

Ganjar Pranowo diakui kalangan emak-emak Kabupaten Bone sebagai pemimpin yang aktif mendorong peran strategis perempuan sebagai pelaku sekaligus penggerak ekonomi kreatif dan inovatif. Dari sinilah, mereka menganggap Ganjar pantas melanjutkan kepemimpinan nasional pada 2024.

Baca Juga: Heboh, Pernyataan Jokowi Seputar Pemimpin Rambut Putih, Denny Siregar: Bukan Ganjar, Bapak Rambutnya Hitam

Koordinator Wilayah Mak Ganjar Sulawesi Selatan, Siti Fatimah mengatakan, figur berambut putih itu berpengalaman dalam menduduki kursi pemerintahan legislatif maupun eksekutif daerah. 

Selain itu, gaya kepemimpinan Ganjar yang adil, berkharisma, kreatif, bersih dari korupsi, sarat dengan inovasi, serta mencintai rakyatnya menjadi daya tarik tersendiri. 

Ifat, sapaannya menyebut, bukti nyata Ganjar Pranowo terhadap kesejahteraan emak-emak diantaranya melalui program Kredit Lapak khusus emak-emak dan Lapak Ganjar.

Baca Juga: Hari Guru Nasional, Ganjar Pranowo Luncurkan 3 Aplikasi Layanan Pendidikan

“Beliau sangat peduli terhadap kami, khususnya emak-emak. Beliau lebih konsen dan mensejahterakan emak-emak terutama di bidang UMKM,” ucap Ifat

Kredit Lapak diluncurkan Ganjar pada 2021 untuk memudahkan emak-emak pedagang pasar dan pelaku industri rumahan mendapatkan modal usaha.

Dengan menggandeng Bank Jateng, Ganjar memberikan plafon kredit maksimal Rp2 juta dengan suku bunga rendah sebesar dua persen per tahun agar membangkitkan perekonomian pasca-pandemi. 

September 2022, Ganjar menaikan plafon kredit menjadi Rp25 juta per tahun dengan bunga tetap dua persen. Kenaikan plafon ini untuk merespons dampak penyesuaian harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi. 

Baca Juga: Pengamat Ingatkan Golkar: Hati-Hati Usung Ganjar Pranowo

Ganjar juga menggagas Lapak Ganjar sebagai ruang promosi online bagi pelaku Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) daerah. Caranya, dengan mempromosikan di media sosial dan dipromosikan oleh orang nomor satu di Jateng tersebut.

“Dengan program itu, Pak Ganjar terbukti mendorong kemandirian ekonomi emak-emak sehingga bisa sejahtera,” terang Ifat.

Ifat berkomitmen, Mak Ganjar akan senantiasa mensosialisasikan dan menjaring suara-suara masyarakat yang mendukung Ganjar Pranowo menahkodai Indonesia. Emak-emak se-Sulawesi Selatan ingin merasakan program serupa dari Ganjar guna mendorong kemandirian ekonomi.

“Harapan kami khususnya emak-emak Sulawesi Selatan, Pak Ganjar harus menjadi Presiden 2024 agar emak-emak di Sulsel dan seluruh Indonesia bisa merasakan manfaat dari program Pak Ganjar,” tutup Ifat.

Salah satu emak Kabupaten Bone, Arianti Amran (43) menjelaskan, kelayakan Ganjar menjadi Presiden dilatarbelakangi figurnya yang demokratis, merangkul kalangan emak-emak, dan egaliter. Di sisi lain, Ganjar dikenal karena ketegasannya terhadap penyelewengan anggaran hingga korupsi.

“Yang saya paling suka dari Pak Ganjar itu tegas anti korupsi. Semoga di tangan Pak Ganjar nanti Indonesia bisa semakin maju,” ujar Arianti.