Tingkatkan Kompetensi Pengawas Lingkungan Hidup, BDLHK Makassar Gelar Diklat

Lingkungan Hidup
Tingkatkan Kompetensi Pengawas Lingkungan Hidup, BDLHK Makassar Gelar Diklat

Terkini.id, Makassar – Dalam melaksanakan fungsi pengawasan dan Pemantauan kualitas LH di Daerah sesuai amanat UU 32 tentang Perlindungan dan Pengelolaan LH disebutkan bahwa pemerintah dan pemerintah daerah wajib memiliki Pejabat Pengawas Lingkungan Hidup (PPLH) sebagai alat pengawasan untuk melakukan upaya preventif dalam rangka pengendalian dampak lingkungan hidup.

Salah satu upaya untuk meningkatkan kompetensi pengawas lingkungan hidup adalah melalui Pelatihan Pembentukan Pejabat Pengawas Lingkungan Hidup yang dilaksanakan di kantor Balai Diklat Lingkungan Hidup dan Kehutanan Jalan Lerintis Kemerdekaan Km 17 Makassar.

Dalam pembukaannya, Kepala Balai Diklat Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BDLHK) Makassar, Dr. Edi Sulistyo H. Susetyo, S.Hut, M.Si, megatakan, kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Pembentukan Pejabat Pengawasan Lingkungan Hidup ini untuk menciptakan LH yang berkesinambungan dibidang perlindungan dan pengelolaan lingkungan menjadi sangat penting sebagai suatu upaya strategis dalam pelaksanaan pencegahan dan pengendalian terhadap pencemaran dan kerusakan lingkungan hidup tersebut.

“Dapat dikatakan dengan sangat tegas dalam pasal 71 ayat (2) dan ayat (3) tentang pentingnya ketersediaan Pejabat Pengawas Lingkungan Hidup (PPLH) yang ditetapkan oleh Menteri dan Pejabat Pengawas Lingkungan Hidup Daerah (PPLHD) yang ditetapkan oleh Gubernur/Bupati/Walikota sesuai dengan kewenangannya untuk dapat melaksanakan peran dan tugasnya,” ujar Edi kepada Media, Selasa, 22 Juli 2019.

PPLH dan PPLHD, kata dia, seyongyanya memiliki kompetensi sebagai pengawas yaitu memiliki pengetahuan, keterampilan dan sikap yang sesuai dengan petunjuk tata laksana seorang pengawas yang ditetapkan dalam peraturan perundang-undangan.

“Untuk memiliki hal-hal tersebut di atas maka sebelum seseorang diangkat menjadi pejabat fungsional pengawas maka dia wajib untuk ikut pendidikan dan latihan untuk menjadi seorang pengawas,” terangnya.

Tujuan kegiatan

Diklat pembentukan PPLH dilaksanakan selama 17 (tujuh belas) hari, mulai 15 Juli sampai 31 Juli 2019 diikuti sebanyak 30 orang peserta perwakilan berasal dari Dinas LH Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Sulawesi Tengah.

Tujuan Pelatihan pembentukan pejabat pengawas lingkungan hidup dan pejabat pengawas lingkungan hidup daerah untuk meningkatkan kompetensi para peserta sehingga diharapkan peserta mampu meningkatkan pengetahuan dan keterampilan tentang fungsi pengawas lingkungan hidup.

“Kedua meningkatkan kemampuan dalam melakukan pengawasan Lingkungan Hidup dengan baik dan benar, sistematis serta memenuhi kinerja maupun persyaratan yang diperlukan bagi pejabat pengawas Lingkungan Hidup atau PPLH/PPLHD, kemudian mengetahui landasan hukum serta sanksi bagi para pelaku usaha atau kegiatan yang lalai Dalam melaksanakan fungsi pelestarian lingkungan hidup sesuai dengan undang-undang Nomor 32 Tahun 2009 tentang perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan hidup,” sambung Edi.

Hadir pada Pembentukan PPLH se-Provinsi Sulteng Widyaiswara Pusdiklat SDM KLHK, Kepala Dinas LH Provinsi Sulteng, Kepala Balai Gakkum LHK Sulawesi Dodi Kurniawan. Kepala BDLHK, Edi Sulistyo dan Arif Muhammadiyah selaku Kepala Seksi Penyelenggaraan Diklat.

Narasumber Hamidah dari Balai Pengamanan dan Penegakkan Hukum Lingkungan Hidup dan Kehutanan Wilayah Sulawesi pemapar kedua dari Pusdiklat SDM LHK Bogor.

Komentar

Rekomendasi

Dampak Covid-19, Dispar Makassar Perpanjang Penutupan Sementara Industri Pariwisata

PMI: Stok Darah di Makassar Hanya Cukup 7-8 Hari

Deng Ical: Stok Darah di Makassar Hanya Cukup 7-8 Hari

Bersama Komunitas Dokter, Fadli Ananda Bagikan Puluhan Ribu Masker dan Hand Sanitizer ke Masyarakat

BPS Makassar Minta Masyarakat Isi Sensus Penduduk Online Saat WFH

Pemkot Makassar Mulai Pantau Pergerakan Harga Bahan Pokok Jelang Bulan Puasa

Cegah Corona dengan Gerakan Bersama, PMI Makassar Bakal Semprot Disinfektan 14 Pasar

Ketua DPW LDII Sulsel Hadiri Rakor Satgas Penanganan Covid-19

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar