UPPM Polbangtan Gowa gelar Diseminasi Hasil Penelitian Terapan di Kabupaten Takalar

Kegiatan Diseminasi Hasil Penelitian Terapan di Kabupaten Takalar

Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Gowa melalui Unit Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (UPPM) melaksanakan Diseminasi Hasil Penelitian Terapan di Kantor BPP Kecamatan Polongbangkeng Utara Kabupaten Takalar pada hari Senin, 02 Desember 2019. Kegiatan ini diikuti oleh 30 orang yang terdiri dari Kepala BPP se-Kabupaten Takalar dan PPL Kecamatan Polongbangkeng Utara, dan juga sebanyak 10 orang dosen Polbangtan Gowa yang terlibat dalam penelitian yang didiseminasikan.

Kegiatan diseminasi dibuka langsung oleh Ketua UPPM Polbangtan Gowa Drs. Aminuddin Saade, M.Si mewakili Direktur Polbangtan Gowa, didampingi oleh Ir. Anwar, M.Adm.,SDA selaku perwakilan dari Dinas Pertanian Kabupaten Takalar. Dalam sambutannya, Drs. Aminuddin menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Takalar atas kesempatan yang diberikan dalam memaparkan hasil penelitian dari dosen Polbangtan Gowa.

Diseminasi dapat diartikan sebagai penyebarluasan ide atau gagasan kepada khalayak, biasanya kepada kelompok tertentu seperti sesama akademisi, pengamat, juga masyarakat yang membutuhkan. Berangkat dari definisi tersebut, diharapkan kegiatan diseminasi ini dapat memberikan pengetahuan baru bagi para pelaku pertanian setempat serta mampu diterapkan sebagai upaya memajukan sektor pertanian dan peternakan di Kabupaten Takalar. Selain itu, diseminasi ini juga dijadikan sebagai motivasi bagi tenaga pendidik Polbangtan Gowa dalam melakukan penelitian dan karya ilmiah yang dapat memberikan manfaat dalam penerapannya.

Adapun Penelitian Terapan yang dibawakan dalam kesempatan ini sebanyak 7 penelitian diantaranya penelitian mengenai : Karakteristik Pembuatan Beras Analog Dari Tepung Kacang Kedelai dan Tepung Ubi Jalar, Peningkatan Pertumbuhan dan Produksi Kedelai Melalui Teknik Bioremediasi, Respon Petani Terhadap Kebijakan Pemerintah Dalam Kegiatan Upsus Kedelai, Pergorma Ayam Pedaging Yang Duberi Perlakuan Jenis dan Konsentrasi Probiotik Yang Berbeda, Analis Keputusan Produksi Usahatani Kedelai dan Jagung di Kabupaten Gowa, Persepsi Petani Terhadap Fungsi Kelompok Tani Dalam Pemenuhan Kebutuhan Usahatani Padi, dan Respon Fisiologis Ayam Ras Pedaging Dengan Perlakuan Spraying dan Air Flow Pada Kondisi Stres Panas. (ARD/MUZ)UPP

Berita Terkait