Usai Ditunjuk Jokowi Tangani Covid-19, Jubir Luhut Klaim Kasus Positif Menurun

Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar. (Foto: Tribunnews)

Terkini.id, Jakarta – Juru Bicara (Jubir) Menko Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, Jodi Mahardi mengklaim jumlah kasus dan angka kematian akibat Covid-19 menurun setelah Luhut ditunjuk Presiden Jokowi menangani Virus Corona di 8 Provinsi di Indonesia.

“Kalau dilihat dari indikator di delapan provinsi secara mingguan, terjadi penurunan penambahan kasus konfirmasi dan angka kematian, kecuali Jawa Barat,” ujar Jodi lewat keterangan persnya, Selasa, 29 September 2020.

Diketahui, pada dua pekan lalu Luhut ditunjuk Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk mengkoordinasikan penanganan Covid-19 di 8 provinsi.

Provinsi tersebut meliputi DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Selatan, Bali, Sumatera Utara dan Sulawesi Selatan.

Adapun terkait dengan kasus Covid-19 di Jawa Barat, kata Jodi, rata-rata wilayah Bogor, Bekasi dan Depok berkontribusi terhadap lebih dari 60 persen total peningkatan kasus Covid-19 dalam 2 minggu terakhir.

Menarik untuk Anda:

“Oleh karena itu penanganan kasus di Jabodetabek akan dilakukan secara terintegrasi,” ujarnya.

Luhut, kata Jodi, juga mengapresiasi berbagai upaya yang telah dilakukan oleh seluruh gubernur di 8 provinsi, jajaran Polda, Kodam, Kemenkes, Satgas Covid-19 serta tim lain yang terlibat.

“Tapi Pak Menko minta agar pemerintah pusat dan daerah tidak lengah dan tetap terus fokus pada upaya penurunan penambahan kasus harian, peningkatan angka kesembuhan dan penurunan angka kematian sesuai perintah Presiden,” tuturnya.

Ia pun mengatakan bahwa pemerintah akan terus memastikan ketersediaan obat serta alat kesehatan untuk penanganan pasien Covid-19.

Selain itu, lanjut Jodi, pemerintah juga terus mengingatkan pentingnya penerapan protokol kesehatan.

“Kami akan terus bekerja untuk memastikan ketersediaan obat dan alat kesehatan untuk perawatan pasien Covid-19, mendorong peningkatan testing dan tracing yang lebih tepat sasaran, serta kampanye perubahan perilaku sesuai protokol kesehatan,” ujarnya.

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

Kepala Ditebas Warga, Anggota Dewan di Sulsel Alami Pendarahan Parah

Akademisi Kedokteran Unpad Beberkan Penyebab Covid-19 Mudah Menyebar

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar