Wah! Ternyata Alasan Presiden Jokowi Pilih Nama Ibu Kota Baru ‘Nusantara’, Sesuai Petunjuk Langit?

Terkini.id, Jakarta – Rancangan Undang-Undang Ibu Kota Negara (RUU IKN) telah disahkan oleh DPR menjadi undang-undang (UU), dalam Rapat Paripurna DPR RI pada Selasa, tanggal 18 Januari 2022. 

Meski mendapat banyak kritikan dari masyarakat namun pengesahan UU pemindahan ibu kota baru ke Pulau Kalimantan itu akan tetap berjalan. 

Pemindahan ibu kota ini telah resmi dan legal secara hukum. 

Baca Juga: Sebar Kabar Bohong Soal Paspampres dan Jokowi, Channel Kajian Online:...

Artinya, dengan adanya payung hukum ini, pembangunan IKN di Kalimantan Timur akan segera dimulai. 

Namun, salah satu hal yang banyak menyedot perhatian publik adalah penamaan ibu kota negara itu yang dinamai Nusantara.

Baca Juga: Viral Foto Jokowi Bersama Lin Che Wei, Eko Widodo: Sudah...

Nama Nusantara menjadi nama IKN pilihan Presiden Jokowi yang mengeliminasi 79 nama lain yang diusulkan. 

Adapun nama-nama itu di antaranya Negara Jaya, Nusantara Jaya, Nusa Karya, Nusa Jaya, Pertiwipura, Warnapura, Cakrawalapura, hingga Kartanegara, dan masih banyak nama lainnya. 

Salah satu orang yang cukup dibuat penasaran terkait alasan Jokowi menjatuhkan pilihan terhadap Nusantara adalah Dahlan Iskan

Baca Juga: Viral Foto Jokowi Bersama Lin Che Wei, Eko Widodo: Sudah...

Mantan Menteri BUMN era Presiden SBY itu kasak-kusuk demi menghalau rasa penasarannya. 

Ia kemudian mencari tahu lewat pembantu presiden.

“Dari siapa usulan nama Nusantara itu?” ‘Dari Pak Presiden sendiri. Ide Pak Jokowi sendiri,’ jawab seorang menteri yang saya hubungi,” ujar Dahlan Iskan lewat catatannya di Disway, dikutip dari wartaeconomi.co.id, Sabtu 22 Januari 2022. 

Dahlan kemudian bertanya, ‘bagaimana dengan primbon dari klenik Jawa? Bukankah Pak Jokowi orang Solo yang bisa bertanya pada langit dengan cara Jawa?’. 

Rupanya, berdasarkan keterangan seorang menteri yang membisikinya, ternyata nama Nusantara itu sudah sesuai dengan petunjuk langit. 

“Tentu hari Nusantara dilahirkan pun sudah dimintakan pertanda dari langit. Dipilihlah hari itu: Selasa Wage. Selasa = 3. Wage = 4. Dijumlah: 7,” ungkap Dahlan Iskan. 

Lebih lanjut ia menyatakan, menurut primbon Jawa, orang yang lahir Selasa Wage punya watak suka mengalah, suka melindungi, dan mampu mengerjakan hal-hal yang diperintahkan orang lain dengan baik. 

Sisi lainnya tidak cukup berwawasan, tidak suka kebersihan, cenderung kaku atau terpaku pada satu hal saja, dan memiliki pikiran yang gelap. 

“Jangan khawatir: semua itu juga ada penangkalnya. Yang jelas: Selasa Wage itu hari kelahiran saya meski tingkat kebenarannya sangat kecil,” kelakarnya.

Bagikan