Usung Program Digitalisasi Desa, Mahasiswa KKN UIN Alauddin Makassar Gelar Seminar Proker

UIN Alauddin Makassar
Mahasiswa KKN UIN Alauddin Makassar Gelombang 63

Terkini.id, Makassar – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Gelombang 63 UIN Alauddin Makassar Desa Batu Mila, Kecamatan Maiwa, Kabupaten Enrekang mengadakan Seminar Program Kerja (Proker) pada Minggu, 8 Maret 2020, di Aula Kantor Desa Batu Mila.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh sekertaris desa, beserta jajarannya, kepala dusun setempat, tokoh masyarakat, pemuda-pemudi Desa Batu Mila serta 14 mahasiswa KKN 63 UIN Alauddin Makassar dan diisi dengan pemaparan program kerja yang akan dilaksanakan oleh mahasiswa tersebut.

Salah satu program kerja yang menarik bagi masyarakat setempat adalah Digitalisasi Desa, dimana program tersebut merupakan program yang diberikan langsung oleh pihak universitas untuk memudahkan administrasi data kependudukan khusus untuk Kecamatan Maiwa.

“Jadi program Digitalisasi Desa ini merupakan program informasi yang berisi data-data desa setempat, mulai dari jumlah penduduk, aparat, keuangan, kelembangaan, serta pembangunan yang kemudian dikoneksikan ke dalam jaringan internet,” ujar Miftha Khalil Muflih selaku Koordinator Desa KKN 63 UINAM Desa Batu Mila.

“Program Digides ini juga bertujuan untuk membantu kinerja aparat desa dalam melaporkan data desa secara efisien, cepat dan efektif,” sambungnya.

Setelah memaparkan deskripsi kegiatan program Digides dan ketiga program lainnya, kegiatan kemudian dilanjutkan dengan antusiasme masyakat dalam memberikan saran dan masukan. Salah satunya Syamsul Bahri S.Hut.

Syamsul mengatakan bahwa program Digidesa ini sangat bagus dilaksanakan karena selaras dengan revolusi digital 4.0.

“Saya sangat berharap kedatangan adik-adik mahasiswa dalam membawa program kerja Digidesa ini dapat membantu aparat setempat karena di Desa Batu Mila ini laporan mengenai data kependudukan itu sangat kurang, apalagi semua zamannya teknologi jadi rasanya akan semakin mudah apabila ada masyarakat ingin mengakses data penduduk karena semuanya sudah tertuang dalam sistem online,” kata Syamsul.

Sementara itu, Zainuddin Situru, S.P, selaku Ketua Badan Permusyawaratan Desa berharap program ini dapat berjalan lancar serta diperlukan adanya kolaborasi antara masyarakat dengan mahasiswa KKN 63 UINAM ini.

“Masyarakat Desa Batu Mila ini selalu merasa gembira dengan kehadiran anak KKN, sehingga saya berharap kedatangan mereka dapat membawa perubahan di desa ini selama 45 hari ke depan,” ucapnya.

Citizen Reporter: Aulia Fajriani Kamaruddin

Komentar

Rekomendasi

Berita Lainnya

BEM FSD UNM Salurkan Bantuan Sembako dan APD Untuk Mahasiswa dari Luar Makassar

1.569 Peserta SNMPTN 2020 Lulus di Unhas, Nama yang Lulus Diumumkan Hari Ini

Direktur Polbangtan Gowa Beri Bantuan Untuk THL dan Cleaning Service: Ini Amanah Mentan SYL

Pandemi COVID-19, Seluruh Aktifitas Akademik Dialihkan Ke Smartphone dan Notebook

Bahas Covid-19, Alumni LK2 HMI Korkom UMI Gelar Diskusi Online

Lewat Aplikasi Zoom, Mahasiswa UNM Ini Ujian Seminar Hasil Secara Online

Pantau WFH, Direktur Polbangtan Gowa Sampaikan Pesan Mentan SYL

Pertanian Tidak Berhenti, Petani Tana Toraja Tetap “Mangngarak Ta’nak Na Mantanan”

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar