Waduh! Heboh Said Aqil Sebut China Bukan Negara Komunis tapi Justru Arab, Benarkah?

Terkini.id, Jakarta – Dunia maya kembali dihebohkan dengan munculnya narasi tentang Said Aqil mengatakan bahwa China bukan negara komunis, tetapi justru Arab.

Berdasarkan penelusuran terkini.id, informasi tersebut diunggah oleh sebuah akun Facebook bernama John Pribumi.

Ia tampak mengunggah sebuah gambar dengan wajah Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama, Said Aqil Siradj.

Baca Juga: PT KAI Rugi Ratusan Miliar, Warganet Soroti Said Aqil: Komut...

Dalam keterangannya, ia menulis seperti berikut:

“Said Aqil: Negara China Bukan Negara Komunis, Yang Komunis Itu Justru Arab? Apakah Orang2 yg fanatik terhadap NU masih belum sadar, jika junjungannya semakin Ambyarrr???” tulisnya, seperti dikutip terkini.id pada Sabtu, 8 Mei 2021.

Baca Juga: Viral! Video Sebut Said Aqil Dibaptis di Gereja, Ini Faktanya

Lantas, benarkah bahwasanya Said Aqil memang pernah mengatakan hal tersebut?

Dilansir dari situs turnbackhoax.id, informasi tersebut merupakan hoaks lama yang entah mengapa kini kembali beredar. 

Dulunya pemberitaan tersebut berasal dari situs berdomain ‘blogspot’ yang seperti diketahui bukan merupakan media kredibel.

Baca Juga: Heboh Pidato Lawas Said Aqil: Imam Masjid, Khatib Harus dari...

Oleh karena itu, pernyataan Said Aqil yang menyebutkan bahwa China bukan negara komunis, melainkan Arab Saudi adalah klaim palsu.

Adapun sumber klaim tersebut berasal dari situs blog Embarxi (embarxi.blogspot.com) yang diterbitkan pada 23 Juli 2019 silam.

Dilansir dari Tempo, Blog Embarxi memang pernah memuat artikel dengan judul ‘Said Aqil: Negara China Bukan Negara Komunis, Yang Komunis Itu Justru Arab?’, tetapi berdasarkan penelusuran di mesin pencarian Google, tidak ditemukan berita dari media kredibel yang memuat pernyataan Said Aqil mengenai klaim yang ada pada judul tersebut.

“Blog Embarxi bukanlah situs media yang kredibel karena hanya mengambil konten dari situs media lain tanpa menyebutkan sumbernya,” tulis turnbackhoax.

“Selain itu, blog tersebut tidak mencantumkan penanggung jawab dan alamat perusahaan,” pungkasnya. 

Berdasarkan penelusuran itu, Tempo juga menemukan berita asli yang dikutip oleh blog Embarxi, dipublikasikan oleh situs Times Indonesia pada 17 Juli 2019.

Isi artikel dalam blog Embarxi di atas sama dengan isi berita Times Indonesia tersebut, tetapi judulnya tampak dipelintir.

Dalam berita aslinya di Times Indonesia, tulisan tersebut berjudul “KH Said Aqil Siradj: Negara China Bukan Negara Komunis”.

Dalam pemberitaan itu, Said Aqil menyatakan bahwa tidak benar jikalau China adalah negara komunis.

Wacana bahwa China adalah negara komunis, menurut Said Aqil, hanyalah bagian dari skenario politik beberapa kelompok yang ingin menjatuhkan pemerintahan Presiden Joko Widodo alias Jokowi.

Hanya saja, setelah dibaca hingga selesai, tidak ada satu pun pernyataan Said Aqil yang menyebut bahwa ‘justru Arab Saudi yang komunis,’ baik dalam berita di Times Indonesia maupun dalam artikel di blog Embarxi.

Oleh karena itu, dapat dipastikan bahwa pemberitaan yang kembali viral di media sosial tersebut tidaklah benar alias mengandung informasi palsu atau hoax.

Bagikan