Wali Kota Makassar Dukung Diplomasi Festival yang Digelar Kemenlu RI

Inspektur Jenderal Kementerian Luar Negeri, Rachmat Budiman, berkunjung ke kediaman Wali Kota Makassar Ramdhan Pomanto di Jalan Amirullah, Senin 11 Februari 2019.(terkini.id/kamsah)
Inspektur Jenderal Kementerian Luar Negeri, Rachmat Budiman, berkunjung ke kediaman Wali Kota Makassar Ramdhan Pomanto di Jalan Amirullah, Senin 11 Februari 2019.(terkini.id/kamsah)

Terkini.id, Makassar – Kementerian Luar Negeri RI, akan mengelar event Diplomasi Festival (Diplofes) pada 22-23 Februari 2019 mendatang.

Hal itu disampaikan Inspektur Jenderal Kementerian Luar Negeri, Rachmat Budiman, saat melakukan kunjungan ke
kediaman Wali Kota Makassar di Jalan Amirullah, Senin 11 Februari 2019.

Rachmat menilai pentingnya membangun sosialisasi terkait kondisi politik luar negeri serta diplomasi luar negeri.

Maka, upaya itu diwujurkan dengan menggelar kegiatan Diplofes.

Kegiatan ini, kata Rachmat Budiman, menyasar generasi milenial dan masyarakat umum.

Rachmat menuturkan pentingnya melibatkan generasi muda dalam memberikan masukan terhadap kinerja pemerintah, khususnya Kementerian Luar Negeri.

“Kami (Kementerian Luar Negeri) mendorong partisipasi mereka (Generasi Muda) untuk melihat dan memberikan masukan terkait kegiatan-kegiatan politik luar negeri dan diplomasi luar negeri,” katanya.

Pada saat yang bersamaan, ungkap Rahmat, pihaknya juga ingin menginformasikan capaian-
capaian dari pelaksanaan kegiatan diplomasi yang dilakukan oleh kementerian.

Berlangsung di Universitas Hasanuddin

Kegiatan Diplomasi Festival (Diplofes) rencananya akan dilaksanakan pada bulan Februari pada tanggal 22 sampai 23 Februari.

Kegiatan itu akan diisi, salah satunya kuliah umum dari Menteri Luar Negeri pada tanggal 23 Februari, pukul 9-11 di Baruga AP Pettarani, Universitas Hasanuddin.

Selain itu, Rachmat mengatakan akan mengundang perwakilan mahasiswa dari universitas lain untuk turut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.

Sebagaimana yang dipraktekkan di
berbagai kota. Dalam sejarahnya, Diplofes ini sudah di selenggarakan di beberapa tempat, di antaranya: Kota Bandung, Yogyakarta, Surabaya, terakhir di Padang, setelah itu di Makassar. Untuk di luar
Jawa ini yang ke-2.

Berita Terkait
Komentar
Terkini