Waspada, Ini 5 Makanan yang Harus Anda Hindari Saat Sahur

Makanan
Makanan yang harus dihindari saat sahur. (foto: hellosehat.com)

Terkini.id – Selama berpuasa, pola makan berubah, dari tiga kali sehari menjadi dua kali sehari. Hal ini pun membuat kebutuhan energi akan berkurang, karena kerja organ tubuh menjadi lebih lambat.

Jeda menuju waktu berbuka sekitar 14 jam, sehingga orang kadang berpikir untuk menambah porsi makanan agar kuat selama berpuasa.

Namun, hal ini tidak sepenuhnya benar. Baik makanan saat sahur maupun berbuka seharusnya memenuhi kebutuhan gizi, bukan sekadar menghilangkan rasa lapar atau demi ketahanan selama berpuasa.

Setidaknya ada empat kesempatan menyantap makanan saat berpuasa, yakni saat sahur, berbuka, makan malam dan selingan. Waktu sahur di pagi buta kadang membuat orang makan seadanya.

Nah. yang harus Anda perhatikan pada saat sahur adalah Anda mengonsumsi makanan yang akan menjadi energi Anda selama kurang lebih 12 jam ke depan selama berpuasa.

Sehingga, Anda harus benar-benar memperhitungkan jenis makanan seperti apa yang Anda konsumsi. Berikut beberapa jenis makanan yang sebaiknya Anda hindari ketika makan sahur.

1. Makanan manis

Makanan manis. (foto: jitunews.com)

Makanan yang mengandung gula adalah makanan yang tinggi kalori dan rendah nutrisi. Tak masalah mengonsumsi jenis-jenis makanan ini. Namun perlu dihindari makanan yang terlalu manis atau mengandung gula berlebih.

Konsumsi makanan yang terlalu manis saat sahur hnaya akan membuat Anda cepat haus dan perut terasa kembung.

2. Makanan asin

Makanan
Makanan asin. (foto: hellosehat.com)

Selain tentunya dapat menyebabkan hipertensi, makanan asin ternyata dapat menstimulasi rasa haus. Anda pasti tidak ingin merasa haus sepanjang hari karena makanan asin yang Anda makan saat sahur.

Contoh makanan yang bisa Anda hindari saat sahur untuk menghindari haus adalah acar, kacang yang diasinkan, kuaci, serta makanan kaleng.

Jenis makanan tersebut termasuk yang memiliki kadar garam tinggi sehingga dapat memicu rasa haus. Anda juga dapat mengurangi jumlah garam dan penyedap yang Anda gunakan dalam masakan.

3. Gorengan

Makanan
Gorengan. (foto: ist)

Gorengan menjadi makanan yang cepat dan praktis untuk dibuat. Namun sebaiknya hindari gorengan untuk menu sahur. Proses pencernaan gorengan perlu waktu dan energi yang besar, sehingga belum sampai berbuka tubuh akan terasa lemas. Selain itu, gorengan membuat Anda merasa haus dan perut kembung.

4. Makanan pedas

Makanan
Makanan pedas. (foto: kumparan.com)

Sama seperti makanan asin, makanan pedas dapat memicu rasa haus terus menerus. Selain itu, mereka yang menderita maag disarankan untuk menghindari makanan pedas karena dapat memicu meningkatnya asam lambung sehingga berpotensi menyebabkan nyeri di perut bagian atas. Dan, bagi sebagian orang, makanan pedas memicu sakit perut.

5. Kafein

Makanan
Minuman kafein. (foto: hellosehat.com)

Kebiasaan meminum kopi saat pagi mungkin sebaiknya direm selama masa puasa. Terlalu banyak konsumsi kafein saat sahur membuat tubuh dehidrasi dan lesu. Sebaiknya, hindari minum kopi atau minuman bersoda saat sahur.

Berita Terkait
Komentar
Terkini