Backpacking di Jambi dan Palembang? Cek Tempat Wisata Murah Berikut Ini!

Tempat Wisata di Jambi, Kersik Tuo (sumber :citrust.id)

Terkini.id, – Anda punya hobi berwisata ala backpacker alias wisata hemat? Tentunya, Anda harus mengunjungi tempat atau objek wisata murah yang tidak menguras isi dompet.

Jika Anda ingin wisata backpacking di Pulau Sumatera, Kota Jambi dan Palembang bisa jadi pilihan destinasi wisata menarik. Yuk, simak yang berikut ini.

Danau Sipin
Kota Jambi yang terkenal ternyata memiliki tempat wisata yang amat jarang terjamah, yaitu Danau Sipin. Dikelilingi perkebunan dan pertambangan, danau yang berlokasi di wilayah Telanaipura ini sangat direkomendasikan bagi Anda pencinta fotografi.

Danau Sipin, Jambi (sumber : galerijambi.com)

Bagaimana tidak? Di sana, Anda dapat menangkap momen dan panorama indah dari tepi danau, seperti momen matahari terbenam yang cantik.
Tidak hanya itu, Anda juga dapat menyegarkan tubuh dan pikiran dengan menyewa perahu dan mendayung menyeberangi danau. Embusan angin yang segar ditambah pemandangan di sekitar danau yang indah membuat wisata murah ini semakin menarik!

Kersik Tuo
Bagi Anda backpacker yang juga pencinta alam, tentu Anda akan memilih wisata pendakian Gunung Kerinci di Provinsi Jambi yang merupakan gunung berapi tertinggi di Indonesia. Namun, sebelum Anda mulai mendaki, di kaki Gunung Kerinci terdapat sebuah desa wisata yang sayang jika dilewatkan. Desa tersebut bernama Kersik Tuo yang juga adalah akses menuju jalur pendakian Gunung Kerinci.

Tempat Wisata di Jambi, Kersik Tuo (sumber :citrust.id)

Desa Kersik Tuo yang hanya berpopulasi sekitar 3000 orang, menjadikannya sebuah destinasi wisata yang jauh dari keramaian. Tidak hanya itu, keistimewaan lain dari desa ini adalah kesejukan dan pemandangan pegunungan serta sawah hijau yang terbentang luas. Uniknya lagi, penduduk di desa ini mayoritas adalah penduduk etnis Jawa!

Museum Gentala Arasy
Di tepi Sungai Batang Hari yang melewati Provinsi Jambi, terdapat Jembatan Gentala Arasy yang ternama di kalangan para turis domestik maupun mancanegara. Tidak jauh dari lokasi itu, Anda juga dapat mengunjungi Museum Gentala Arasy yang menyimpan ratusan benda antik. Dari museum ini pula, Anda dapat mengetahui awalnya Agama Islam hadir di Jambi dan sekitarnya.

Museum Gentala Arasy
Museum Gentala Arasy (sumber : jambiupdate.co)

Di antara koleksi benda bersejarah yang dipamerkan di Museum Gentala Arasy, adalah koleksi benda kuno yang tiada duanya seperti piring keramik dari Tiongkok yang bertuliskan kaligrafi Arab, sabuk serta mantel Sri Sultan Mangkubumi yang telah berusia sekitar empat abad, koleksi uang kuno dari kerajaan di Sumatera, dan mushaf Alquran raksasa! Ayo, segera meluncur ke sana. Harga tiketnya tidak sampai Rp5000, loh!

Taman Hutan Wisata Punti Kayu
Bila Anda telah tiba di Kota Palembang, Provinsi Sumatera Selatan, jangan lupa berkunjung ke salah satu tempat wisata yang hemat dan menarik di kota tersebut, yaitu Taman Hutan Wisata Punti Kayu. Sejarahnya, lokasi ini diresmikan sebagai kawasan hutan lindung pada 1938, kemudian diubah menjadi area rekreasi umum di tahun 1986. Kini, taman ini telah menjadi salah satu tempat wisata keluarga yang murah meriah di Palembang.

Taman Wisata Punti Kayu (sumber : pergiberwisata.com)

Hutan seluas 50 hektare ini juga menawarkan sarana yang membuat Anda sekeluarga nyaman, seperti wahana jembatan gantung yang unik, sepeda air dan perahu untuk menyeberangi sungai di sekitar hutan, serta kebun binatang di mana Anda dapat menunggangi gajah dan kuda. Taman ini juga bisa menjadi tempat untuk sekadar piknik bersama keluarga sambil menikmati keasrian alam sekitar.

Benteng Kuto Besak
Berwisata ke Kota Palembang kurang lengkap tanpa kunjungan ke Sungai Musi. Namun, jangan lupakan bangunan bersejarah di tepi sungai yang disebut Benteng Kuto Besak. Benteng yang telah didirikan sejak ratusan tahun yang lalu itu adalah saksi bisu para pejuang dari Sumatera Selatan yang saat itu sedang berperang melawan penjajah.

Benteng Kuto Besak, Palembang (sumber : merahputih.com)

Saat hari semakin gelap, di sekitar benteng pun kian ramai oleh para pedagang yang menjual beragam hidangan khas Palembang. Anda juga dapat melihat gemerlapan lampu meriah dari Jembatan Ampera yang terletak tak jauh dari sana.

Nah, sekarang Anda sudah mengetahui beberapa tempat wisata hemat yang terkenal di Kota Jambi dan Palembang, kan? Sebelum berangkat ke sana, ayo cari hotel di Jambi dan hotel di Palembang terlebih dahulu. Anda dapat booking hotel Airy Rooms yang low-budget namun berkualitas. Dapatkan promo Airy di aplikasi atau situs web resminya sekarang juga.

Berita Terkait
Komentar
Terkini