Bikin Perut Kenyang dengan Mencicipi 4 Kuliner Khas Tegal

Sate Kambing Muda Tegal. Sumber : detik.com

Terkini.id, – Sering melewati kota Tegal, nggak menjamin kamu akrab dengan makanan lokal. Bukan hanya sate kambing Tegal atau warteg yang terkenal dari Kota Bahari ini. Masih banyak santapan lezat yang wajib kamu coba. Supaya bisa puas mencicipi satu per satu, lebih baik kamu mencari hotel dekat dari tempat wisata kuliner populer di sini.

Selain uang tunai secukupnya, ada satu lagi yang harus kamu siapkan sebelum memulai petualangan kuliner di Tegal. Perut kosong! Makan saat lapar bakal nikmat banget, apalagi jika makanan yang disantap punya cita rasa menggugah selera. Di Tegal kamu bakal menikmati aneka hidangan, dari camilan, makanan berat, sampai minuman hangat maupun segar. Lengkap kan?

4 Tempat Wisata Kuliner Andalan Tegal
Supaya kamu nggak perlu repot tanya sana-sini, langsung saja intip 4 tempat wisata kuliner andalan Tegal berikut ini.

Olos

Olos Khas Tegal. Sumber : cookpad.com

Jajanan ini sedang tren di kalangan anak muda Tegal. Sekilas bentuknya mirip cimol, bulat berwarna putih. Ya, bahan dasar olos adalah tepung kanji dan tepung terigu, serta isian berupa daun bawang, kol, dan cabai. Adonan dibentuk bulat dan digoreng hingga bagian luarnya mengeras.

Dengan tekstur sedikit garing di luar dan kenyal saat dikunyah, rasa olos cukup gurih, sama seperti gorengan berbahan dasar aci pada umumnya. Namun, kejutan pedas cabai yang siap menggigit lidah membuatnya terasa unik. Lezat dilahap selagi hangat, harga camilan ini ramah di kantong.

Sate kambing muda
Rugi kalau sudah jauh-jauh ke Tegal, tetapi tidak makan sate kambing. Salah satu yang paling terkenal adalah Sate Kambing Bang Awin. Berlokasi di Adiwerna, warung ini memakai daging kambing muda alias kambing bayi tiga bulan atau batibul. Daging kambing ini memang terkenal lembut dan juicy.

Satu porsi sate disajikan dengan irisan acar timun, cabai, dan bawang. Saus kecap pedas manis berpadu dengan tekstur daging empuk, membuatnya lumer di lidah. Mantap banget!

Soto Tegal

Soto Khas Tegal. Sumber : infotegal.com

Kuliner Indonesia memang mempunyai variasi soto yang unik. Salah satunya ada di Tegal, yaitu soto tauco. Kamu bisa menemukan deretan rumah makan yang menghidangkan soto ini di Jalan Raya Talang, ruas jalan penghubung Slawi dan Tegal.

Kombinasi kuah kaldu dan tauco menciptakan paduan rasa sedikit asam dan gurih nan menyegarkan. Dalam mangkuk kecil, penjual akan menaruh nasi putih, irisan daging sapi, suwiran daging ayam, atau babat, lengkap dengan bihun dan tauge. Kuah soto yang membanjiri mangkuk sungguh menggoda untuk diseruput hingga tandas. Lezat kan?

Kupat Glabed

Kupat Glabed Khas Tegal. Sumber : masakandapur.com

Terkenal sebagai kuliner malam, kupat glabed Randugunting sering disebut-sebut yang terbaik. Berlokasi di kawasan Randugunting, kamu dapat mencicipi sajian yang berupa potongan ketupat, disiram kuah kuning kental, suwiran daging ayam, dan kerupuk kuning sebagai topping.

Lebih lezat jika disantap bersama sate telur puyuh, sate jeroan, atau sate blengong. Jangan lupa memesan teh poci khas Tegal sebagai minuman. Rasa gurih kupat glabed di lidah akan dinetralisir dengan teh wangi, panas, legi, kentel atau wasgitel yang menghangatkan tubuh.

Sudah mulai kelaparan? Segera kemas ransel dan pesan hotel di Tegal lewat aplikasi Airy. Sebagai jaringan properti hotel terbesar yang tersebar di 72 kota Indonesia, kamu akan memperoleh 7 jaminan kenyamanan pada setiap kamar yang dipesan. Beberapa fasilitas tersebut antara lain tempat tidur bersih, snack dan air minum gratis , AC, dan akses Wi-Fi gratis.

Tidak usah bingung soal pembayaran. Cukup pilih satu dari metode pembayaran yang ada, apakah melalui transfer bank, lewat gerai Indomaret, atau kartu kredit. Kini, merencanakan liburan semakin mudah dan praktis.

Ayo, ajak teman dan keluarga untuk mencicipi 4 tempat wisata kuliner andalan Tegal!

Berita Terkait
Komentar
Terkini