Begini Suasana Hari Pertama PSBB Kota Makassar

Terkini.id, Makassar – Hari pertama pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di Kota Makassar berjalan dengan baik.

Hal itu disampaikan Jubir Gugus Tugas Covid-19 Kota Makassar Ismail Hajiali, Jumat, 24 April 2020.

“Yang bertugas di perbatasan dan dalam kota menyampaikan berjalan sesuai rencana,” kata Ismail.

Baca Juga: Makassar Tindaklanjuti Evaluasi Pelaksanaan Reformasi Birokrasi oleh Kemenpan-RB

Kendati, kata Ismail, masih ditemukan ada masyarakat yang tidak mematuhi. Mereka tetap beraktivitas dengan melakukan hal yang tidak terlalu mendesak dan penting.

“Kita tetap akan lakukan bagaimana masyarakat bisa memahami, bagaimana pemberlakuan PSBB dengan tujuan pembatasan jarak,” ungkapnya.

Baca Juga: Pemkot Makassar Cari Duta Pemuda, Tunjang Program Longwis

Terkait dengan warga yang lolos dari penjagaan petugas di lapangan, Ismail mengatakan, kedepan, pihaknya akan terus melakukan evaluasi untuk memastikan PSBB berjalan efektif.

“Kalau belum menaati Perwali ini, ke depan kita berharap masyarakat yang melakukan pergerakan yang tidak terlalu penting. Pihak keamanan akan melakukan tindakan,” terangnya.

Terkait dengan aspek ketersediaan bahan pokok, kata Ismail, sampai sejauh ini terjaga dengan baik. Pemerintah sudah mempersiapkan dan mengantisipasi hal tersebut.

Baca Juga: Pemkot Makassar Cari Duta Pemuda, Tunjang Program Longwis

“Kita ketahui, kebiasaan atau tradisi masyarakat menghadapi ramadan dengan belanja. Sampai saat ini tidak ada terjadi lonjakan harga,” kata dia.

Menanggapi beberapa toko non bahan pokok yang masih beroperasi, Ismail mengatakan, pihaknya langsung melakukan penutupan.

“Pemerintah hanya sebatas menyampaikan yang diatur dalam Perwali. Bila terbukti buka kembali, pihak keamanan punya SOP,” pungkasnya.

Bagikan