BEM FKM UPRI Gelar Penyuluhan Bahaya Napza di SMP Semen Tonasa II Pangkep

FKM UPRi
BEM FKM UPRI Gelar Penyuluhan Bahaya Napza di SMP Semen Tonasa II Pangkep

Terkini.id, Makassar – Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Pejuang Republik Indonesia (BEM FKM UPRI) melakukan Penyuluhan Bahaya Narkotika, Psikotoprika, dan Zat Adiktif lainnya (Napza) di SMP Swasta Semen Tonasa II, Kabupaten Pangkep, Sabtu, 19 Oktober 2019.

Dalam kegiatan ini La Unga Samsi yang juga merupakan Koordinator Wilayah 4 Ikatan Senat Mahasiswa Kesehatan Masyarakat Indonesia (ISMKMI) membawakan materi tentang Definisi Napza, Jenis-jenis dan Golongan Napza serta Dampak Negatif terhadap Generasi Muda Bangsa.

Dalam menyampaikan materinya, Samsi menjelaskan Informasi secara umum tentang Napza dimana Napza merupakan senyawa atau bahan-bahan yang diperuntukkan untuk kepentingan medis, seperti nyeri berat pada pasien kanker yang harus diberikan obat golongan Narkotika (Morfin).

“Serta ada juga jenis lainnya seperti kokain yang dipakai untuk membius pasien dalam kasus operasi yang dilakukan seorang dokter,” tambahnya.

Samsi menambahkan bahwasanya di era digitalisasi ini berbagai jenis narkotika mudah didapatkan, bahkan peredarannya sudah tembus hingga ke para siswa.

“Oleh karenanya sebagai bentuk pencegahan siswa-siswi SMP Swasta Tonasa II sudah sepatutnya untuk menjaga diri dari sekarang dan terhindar dari pergaulan bebas dan tak lupa pula guru selaku tenaga pendidik yang merupakan orang tua di sekolah agar selalu melakukan pengawasan terhadap para anak didiknya agar dapat terhindar dari barang terlarang tersebut,” pungkas Samsi.

Dalam penyuluhan tersebut La Unga Samsi didampingi oleh Leni Suriani yang merupakan Petugas Promosi Kesehatan Puskesmas Bungoro Kabupaten Pangkep.

Berita Terkait
Komentar
Terkini
Sinjai

Pemkab Sinjai Siap Bermitra Dengan KMS UNM

Terkini.id, Sinjai - Pengurus Kesatuan Mahasiswa Sinjai (KMS) Universitas Negeri Makassar (UNM) melakukan silaturahmi ke pemerintah Kabupaten Sinjai.Dalam silaturahmi tersebut membahas rencana pelantikan dan