Berbuka dengan Buah Kurma, 4 Olahan dari Kurma Bisa Jadi Pilihan

Teh kurma

Terkini.id, – Buah kurma disarankan untuk dikonsumsi saat berbuka puasa. Selain rasanya yang manis buah ini juga banyak mengandung nutrisi untuk menggantikan energi yang hilang setelah berpiasa. Kandungan seperti protein, kalium, vitaminB6, zat besi dan magnesium di dalamnya membuat buah ini sangat cocok untuk jadi teman berbuka puasa.

Selain enak dimakan secara langsung, buah kurma bisa juga diolah dalam bentuk makanan dan minuman.

Berikut 4 resep dari buah kurma yang bisa Anda buat di rumah untuk menemani waktu berbuka bersama keluarga (dilansir dari hellosehat)

Setup Buah Kurma

Setup Buah Kurma

Bahan-bahan
– 20 buah kurma
– 2 buah jambu biji, kupas, buang bijinya
– 1 buah mangga matang
– 3 buah salak
– 3 sdm perasan air jeruk nipis
– Nata de coco secukupnya
– 200 gr gula pasir
– 200 ml air
– 2 ruas jari kayu manis
– 2 butir cengkeh

Cara membuat
Langkah pertama rebus gula pasir, air, kayu manis, dan cengkeh sampai mendidih dengan api kecil, tiriskan. Kemudian potong semua buah dalam bentuk dadu. Setelah itu masukkan potongan buah ke dalam rebusan air gula. Kemudian tambahkan air perasan jeruk nipis dan nata de coco. Jika sudah jadi masukkan ke dalam kulkas dan hidangkan ketika dingin. Setup kurma ini bisa menjadi pengganti es buah atau sirup saat berbuka puasa.

Puding kurma vla nanas stroberi

Puding kurma. Sumber : maknawi

1. Bahan-bahan untuk Puding
– 200 gr kurma
– 600 ml susu
– 1 sdm cokelat bubuk
– 2 bungkus agar-agar putih
– 3 butir putih telur
– 2 sdm gula

2. Bahan vla nanas stoberi
– 1 buah nanas, potong-potong
– 10 buah stroberi, iris
– 250 gr gula pasir
– 400 ml susu cair
– 1 butir kuning telur, kocok
– 1 sdm maizena, cairkan dengan air 50 ml

Cara membuat Pudingnya
Pertama Kocok gula pasir dan putih telur sampai kaku, kemudian blender kurma dengan susu setelah itu disaring. Campur kurma yang telah diblender dengna agar-agar bubuk, gula pasir, cokelat bubuk. Setelah masak campuran sampai kental. Kemudian masukkan campuran yang telah dimasak ke dalam kocokan putih telur sambil diaduk dengan mixer supaya tercampur rata. Kemudian tuang ke dalam cetakan.

Cara membuat vla nanas stoberi
Masak susu dengan api kecil, kemudian masukkan kuning telur dan aduk sampai mendidih. Lalu tuang maizena cair sambil diaduk rata dan setelah itu masukkan potongan nanas dan stroberi lalu matikan api. Tunggu sampai dingin dan sajikan pudding dan vla dalam keadaan dingin sehingga lebih terasa nikmatnya.

Teh Kurma

Teh kurma

Bahan-bahan
– 10 butir kurma, bagi dua
– 2 ruas jahe
– 1 potong kayu manis
– 2 sdm teh seduh
– 1 liter air

Cara membuat
Masak air hingga mendidih, kemudian masukkan teh, jahe, kayu manis dan kurma. Tambahkan gula atau madu sesuai selera. Saring sebelum diminum. Teh kurma ini bisa menjadi pengganti teh manis saat berbuka puasa.

Es Kurma Tamarind

Es Tamarind Kurma. Sumber : kawalingpinoy

Bahan-bahan
– 200 gr asam Jawa
– 7 buah kurma
– 1 liter air
– 150 gula pasir
– 1 gelas nata de coco
– 1 buah lemon
– Es batu secukupnya

Cara membuatnya
Siapkan panci kemudian masukkan air ke dalamnya. Kemudian kupas asam jawa dari kulitnya dan masukkan ke panci berisi air. Tambahkan gula pasir dan kurma. Sesekali diaduk sampai mendidih. Setelah itu angkat dan saring airnya, kemudian sisihkan. Untuk pelengkap, potong-potong lemon, ambil dua buah kurma, buang bijinya. Masukkan es batu, nata de cocom kurma ke dalam gelas kemudian tuang air asam jawa dan letakan potongan lemon dan mint sebagai pelengkap di atasnya. Es kurma tamarind bisa Anda nikmati saat berbuka puasa atau bahkan setelah sepulang shalat tarawih.

Berita Terkait
Komentar
Terkini