Beredar Kabar Ketum PBNU Said Aqil Beragama Hindu, Ini Faktanya

Said Aqil
Ketum PBNU Said Aqil Siradj. (Foto: Semarang Inside)

Terkini.id, Makassar – Beberapa waktu lalu beredar kabar yang menyebutkan Ketua Umum (Ketum) Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), KH Said Aqil Siraj beragama Hindu.

Kabar itu diunggah oleh akun Facebook Andri Rockers pada Rabu 1 Januari 2020 di grup (PSPS) Pendukung Setia Prabowo Sandi. Dalam unggahannya, Andri Rockers juga melampirkan foto Ketum PBNU Said Aqil.

“Dapat info dari kawan asal kota Bali. Kawan Saya bilang, 2 tahun tak jumpa dengan pak I made, kok namanya jadi said Aqil siraj dan suka pake peci. Begitu imbuhnya….Selidik punya Selidik, ternyata SAS mempunyai nama asli. I Made Wiryawan saidi. Beragama Hindu asal pulau lombok yg memiliki saham di kota Bali. Kawan saya merasa terkejut. Bagaimana mungkin seorang beragama HINDU bisa di percaya mengurus NU Bersama gerombolannya si Cornelius, Nuril, Abu janda dan Gus Guntur Di masukkan NU secara Bersama’an oleh Megawati. Rupanya pak I made kawan lama bu megawati di vihara Bali saat hari besar HINDU. Oh sungguh begitu bobroknya rezim ini Dari nama palsu sampai Agama di palsukan seperti junjungannya. Thanks salam dari sobat agen CIA kita dari negara Australia.#Wassallam,” tulis akun Facebook Andri Rockers di narasi unggahannya.

Namun, dari hasil penelusuran fakta Medcom.id pada Jumat, 3 Januari 2020, unggahan akun Andri Rockers tersebut merupakan informasi palsu alias hoaks.

Lewat informasi dari artikel situs resmi NU, nu.or.id, berjudul “Mengenal Lebih Dekat KH Said Aqil Siroj”, Said Aqil bukanlah beragama Hindu melainkan Islam.

Pria kelahiran 3 Juli 1953 di Pondok Pesantren Kempek, Cirebon, Jawa Barat ini didapuk menjadi Ketua Umum (Tanfidziyah) Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) periode 2010-2020.

Adapun foto yang diunggah akun Facebook Andri Rockers berasal dari laman rumahkitab.com dalam artikel yang berjudul “Kiyai Said Serukan Akhiri Perkawinan Anak” yang terbit pada 22 Januari 2019.

Dalam artikel tersebut tidak disebutkan bahwa Said Aqil beragama Hindu. Artikel itu memuat pendapat Said Aqil tentang perkawinan di bawah umur.

Maka dari itu dapat dipastikan bahwa unggahan Akun Facebook Andri Rockers yang menyebut KH Said Aqil beragama Hindu adalah informasi palsu alias hoaks dan masuk dalam kategori Misleading content (konten menyesatkan).

Faktanya, Said Aqil lahir di lingkungan pesantren dan salah satu pemuka agama Islam di Indonesia dan saat ini memegang jabatan ketua umum di organisasi keagamaan Islam terbesar di Indonesia, PBNU.

Komentar

Rekomendasi

Imbas Corona, Menteri Sofyan Rapat Lewat Video Conference dengan Kakanwil ATR/BPN Sulsel

Hotman Paris Ajak Anggota DPR Sumbang Gaji untuk Beli Beras Demi Tolong Masyarakat

Lagi, Beredar Video Warga di Jakarta Jatuh Pingsan dan Tak Sadarkan Diri

Zulkiflie Marauni, ASN Pejuang yang Rajin Salat Berjemaah di Masjid

Pengakuan Pasien Corona, Awalnya Anggap Remeh Hingga Akhirnya Jatuh Pingsan dan Positif

Berikut Nama 20 Dokter yang Gugur Akibat Corona

Balai Kota Makassar Ditutup, Iman Hud: Kita Terapkan Protokol Penanganan Covid-19

Dokter Marhaen: Ketidakjujuran Pasien Berdampak Tingginya Angka Kematian Medis

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar