Masuk

Berharap Fokus dan Segar dengan Minum Kopi, Malah jadi Gelisah! Berikut Penjelasannya

Komentar

Terkini.id, Jakarta – Kini, minum kopi telah menjadi tren atau gaya hidup. Khususnya untuk mereka yang tinggal di daerah perkotaan. Bagi penikmat kopi, tubuh akan terasa segar setelah mengonsumsi kopi, khususnya di pagi hari.

Meski ada yang mengatakan bahwa kopi dapat menyehatkan tubuh, namun bagi beberapa orang dengan kondisi tertentu mengonsumsi kopi malah akan memicu timbulnya rasa kecemasan.

Seperti yang dilansir Terkini.id dari Indian Express pada Jumat, 7 Oktober 2022, ahli diet Shalini Arvind mengatakan bahwa ketergantungan kafein dapat menyebabkan stress kronis.

Baca Juga: Jangan Ngaku Penikmat Kopi Kalau Belum Tau Fakta ini

“Kebiasaan ketergantungan pada kafein menjadi perhatian. Terutama bagi mereka yang menderita gangguan kecemasan (anxiety). Hal ini memicu pelepasan adrenalin, hormon yang memberikan perasaan melayang untuk jangka waktu yang singkat. Kafein juga meningkatkan kadar kortisol yang dapat menyebabkan stres kronis,” ungkap Shalini dalam penjelasan yang diberikan.

Oleh sebab itu, bagi kamu yang intoleran terhadap kafein dan kandungan kopi lainnya, sebaiknya menghindari minuman tersebut.

Lebih lanjut Shalini Arvind juga menyarankan untuk tidak berhenti minum kopi secara tiba-tiba, karena dapat menyebabkan efek samping seperti sakit kepala.

Baca Juga: Penikmat Kopi Wajib Tahu, Berikut Ambang Batas Konsumsi Kafein bagi Tubuh Perhari

“Ini bisa menyebabkan sakit kepala, kelelahan, energi berkurang, mengantuk, mood menurun, iritasi, dan lainnya. Frekuensi dan jumlah konsumsi kopi harus dikurangi secara bertahan,” ujar Arvind.

Selanjutnya menurut Shalini Arvind, untuk mengurangi ketergantungan dan menjaga kesehatan, ia menyarankan untuk mengonsumsi minuman alternatif sehat lainnya. Seperti air putih, air kelapa, teh lemon dan madu, atau kopi tanpa kafein (decaff).