Catatan Anggota DPR RI Kamrussamad Soal Omnibus Law UU Pemilu dan Pilkada

Kamrussamad Resmi Dilantik Jadi Anggota DPR RI

Terkini.id,Jakarta – Anggota DPR RI fraksi Partai Gerindra, Kamrussamad menyampaikan beberapa catatan penting terkait Omnibus Law UU Pemilu dan Pilkada.

Menurut putra Sulawesi Selatan ini, Undang-Undang (UU) Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu masuk daftar Program Legislasi Nasional (Prolegnas) Prioritas 2020 untuk direvisi. Ia juga menyarankan agar konsep omnibus law dipakai untuk menggabungkan UU Pemilu dan UU Pilkada.

Omnibus law merupakan solusi atas rencana revisi UU Pemilu Nomor Tahun 2017. Jadi, UU Pemilu itu digabung dengan UU Pilkada,” ujar pengusaha asal Kabupaten Pangkep ini.

Ia juga menyebutkan beberapa ruang lingkup revisi UU Pemilu. Menurutnya terdapat empat aspek, sistem kepemiluan meliputi dari Pemilu serentak dengan 5 kotak suara Pilpres, DPR, DPD, DPRD Propinsi dan DPRD Kabupaten/kota menjadi opsinya ada dua wacana yang berkembang.

Ia menyebutkan dua wacana, masing –masing pemisahan dengan pendekatan serentak khusus nasional yaitu Pilpres, DPR, DPD) dan serentak Daerah yaitu DPRD Propinsi, DPRD Kabupaten/kota dan Kepala daerah).

Menarik untuk Anda:

“Wacana kedua yaitu Pemilu serentak Legislatif (DPR, DPRD, DPD) dan serentak Eksekutif (Presiden dan Kepala daerah). Meninjau ulang Kursi tiap Dapil dari 3 s.d.10  menjadi 3 sampai dengan 8 maksimal untuk DPR RI atau sebaliknya,” urainya.

Masih kata dia, aspek lain yang perlu direvisi manajemen meliputi sistem pemutahiran data pemilih sampai penetapan DPT,  Masa rekapitulasi suara yang terlalu panjang diganti dengan E rekap.

“Aspek penegakan Hukum berupa penguatan payung hukum terhadap pelaku monyet politik agar ada efek jera. Sehingga melahirkan pendidikan politik yang sehat dan figur berintegritas dan kemudian aspek aktor pemilu dimana meliputi pembatasan Usia Maksimal petugas Badan adhoc khususnya KPPS,” terangnya.

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

Inovasi NasDem Bulukumba, e-KTA Bisa Jadi Kartu Diskon

Nasdem Tawari Habib Rizieq-UAS Ikut Pilpres, Ketua PA 212: Beliau Tak Punya Ambisi

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar