Cegah Banjir di Musim Hujan, Dandim Jeneponto Sisir Sungai Belokallong

Dandim Jeneponto
Cegah Banjir di Musim Hujan, Dandim Jeneponto Sisir Sungai Belokallong

Terkini.id, Jeneponto – Menjelang musim hujan, Dandim 1425 Jeneponto Letkol Inf Irfan Amir menyisir Sungai Belokallong di Kelurahan Balang Toa hingga Kelurahan Pabiringa, Sabtu, 23 November 2019.

Selain Dindim Jeneponto, juga ikut mendampingi Ketua Persit KCK Cab XXXIII Kodim 1425 Jeneponto Wahyuni. B.T, Kadis Lingkungan Hidup, Yusuf Pakihi,Lurah Balang Toa, beberapa anggota Kodim, Pramuka dan BPBD Jeneponto

Kegiatan tersebut dilakukan untuk mendeteksi potensi yang dapat menghambat aliran air di sungai dalam rangka mencegah terjadinya banjir pada musim hujan yang akan datang.

“Setelah menyisir kurang lebih 10 kilometer suangai itu, kami melihat ada beberapa titik masalah yang sangat berpotensi menghambat aliran air sungai,” kata Dandim Jeneponto, Letkol Inf Irfan Amir.

Menurutnya, beberapa titik-titik sungai yang sudah terjadi penyempitan dan pendangkalan disebabkan karena erosi.

“Itu terjadi karena adanya sebagian masyarakat yang membuang sampah ke sungai, sehingga terjadi pendangkalan,” jelas Irfan.

Letkol Irfan menambahkan, untuk mencegah terjadinya banjir pada musim hujan yang akan datang maka perlu adanya tindakan dini dari pemerintah.

“Perlu dilakukan kegiatan normalisasi aliran sungai untuk mencegah erosi dan banjir pada musim hujan yang akan datang. Insya Allah hasil dari kegiatan ini kami akan segera komunikasi dengan Bupati,” ujarnya.

Berita Terkait
Komentar
Terkini