Dinas Ketahanan Pangan Makassar Gelar Lomba Cipta Menu Pangan Loka

Terkini.id, Makassar – Bidang Konsumsi dan Penganekaragaman Pangan Lokal Dinas Ketahanan Pangan Kota Makassar mengadakan lomba cipta menu pangan lokal B2SA (Beragam, bergizi, seimbang dan aman) di Rumah Jabatan Wali Kota Makassar Baruga Angging Mammiri, Jumat 23 Agustus 2019.

Kegiatan ini diikuti oleh kader PPK tiap kecamatan di Kota Makassar. Sekretaris Dinas Ketahanan Pangan Mekkawati mengatakan bahwa tujuan kegiatan ini mencakup tiga hal.

“Petama, meningkatkan pengetahuan masyarakat akan pentingnya konsumsi pangan B2SA,” kata dia.

Setelah itu, Mekkawati mengatakan mendorong dan meningkatkan kreativitas masyarakat dalam mengembangkan atau menciptakan menu B2SA berbasis sumber daya lokal.

Terakhir, ia mengatakan bertujuan membangun budaya keluarga untuk mengkonsumsi aneka ragam jenis pangan dengan porsi yang seimbang.

Dia pun berharap melalui kegiatan lomba cipta menu ini, masyarakat dapat berkreasi menciptakan dan mengembangkan resep yang beragam, bergizi, seimbang dan aman (B2SA).

“Serta dapat diterapkan menjadi menu keluarga sehari hari,” ungkapnya.

Sebelumnya, Ketua Tim Penggerak PKK Kota Makassar Murni Iqbal Suhaeb membuka acara. Ia mengatakan bahwa penganekaragaman pangan dan konsumsi pangan merupakan salah satu upaya yang terus dilakukan untuk menghasilkan SDM yang berkualitas dan unggul.

“Melalui perbaikan pola konsumsi pangan masyarakat menjadi lebih beragam, baik itu jenis pangan sumber karbohidrat, protein dan vitamin serta sumber mineral,” ucapnya.

Murni menerangkan bahwa salah satu upaya untuk mensosialisasikan konsumsi pangan yang beragam, bergizi, seimbang dan aman telah diamanatkan oleh UU No. 22 /2009.

“Tentang kebijakan percepatan penganekaragaman konsumsi pangan berbasis sumber daya lokal, maka dilaksanakan melalui lomba cipta menu festival pangan lokal B2SA Tahun 2019,” paparnya.

Diketahui, yang keluar sebagai juara pertama dalam kegiatan lomba cipta menu festival pangan lokal B2SA adalah Tim Penggerak PKK Kecamatan Rappocini.

Berita Terkait
Komentar
Terkini