Diserang Pemberontak Houthi, Puluhan Pasukan Yaman Tewas Saat Menunaikan Salat

Tulisan ini adalah kiriman dari Citizen, isi tulisan sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis.
Laporkan tulisan
Ilustrasi serangan rudal balistik.

Terkini.id,Yaman – Sebanyak 80 pasukan Yaman yang sedang menunaikan shalat di sebuah masjid di Provinsi Marib tewas dalam serangan yang diduga dilakukkan oleh kelompok pemberontak Houthi pekan lalu. Sabtu (19/01/2020).

Dilansir CNNIndonesia, Senin (20/01/2020), Utusan Khusus Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) melaporkan bahwa terdapat 130 serdadu lainnya mengalami luka-luka dalam serangan yang dilakukan dengan menggunakan rudal balistik dan pesawat nirawak (drone) tersebut.

Selain menimbulkan korban jiwa, serangan tersebut juga menghancurkan masjid yang berada di markas pasukan Yaman.

Kementrian Pertahanan Yaman menilai serangan tersebut sebagai upaya balas dendam atas serangan yang menewaskan jenderal top Iran, Qasem Soleimani beberapa waktu lalu, namun pernyataan tersebut tidak disertai dengan bukti.

Kelompok pemberontak Houthi tersebut dilaporkan mendapatkan dukungan dari Iran. Sementara Presiden Yaman, Abdu Rabu Mansur Hadi, saat ini berada di Arab Saudi untuk mendapatkan perlindungan.

Menarik untuk Anda:

Hadi sendiri menilai serangan tersebut sebagai sikap pengecut yang ditunjukan oleh pemberontak Houthi dan layak dicap sebagai teroris. Sementara Kemenhan Yaman mengklaim pasukannya tetap kuat untuk membendung usaha Iran yang hendak menghancurkan stabilitas Yaman.

Diketahui bahwa dalam beberapa tahun terakhir perang saudara yang terjadi di Yaman kian memanas. Sejak tahun 2015 Arab Sudi mulai ikut campur saat Hadi terpaksa kabur ketika pasukan Houthi menduduki Istana Kepresidenan.

Dampak perang ini berimbas pada puluhan ribu rakyat Yaman yang meninggal akibat perang, kelaparan, serta wabah kolera. Konflik yanng telah berlangsung kurang lebih empat tahun ini oleh PBB dianggap sebagai krisis kemanusiaan terburuk sepanjang sejarah.

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

World Cleanup Day, ini yang HMPI Sulsel Lakukan

Kerjasama dengan KPU Gowa, LKPM UINAM Sukses Gelar Webinar Seri-3

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar