Diskominfo Makassar Nilai Perlu Ada Indeks Keberhasilan Informasi ke Publik

Diskominfo Makassar
Diskominfo Makassar Nilai Perlu Ada Indeks Keberhasilan Informasi ke Publik

Terkini.id, Makassar – Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Makassar, Ichwan Jacub, menilai perlu ada tolak ukur tentang keberhasilan informasi terkait pemberitaan yang disampaikan ke publik.

Indeks ini, kata dia, mengukur keberhasilan soal kelayakan informasi yang diberikan oleh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terhadap pelayanan publik di bidang informasi.

“Apakah informasi yang diberikan kepada masyarakat itu sudah betul, sudah difilter?” tanya Ichwan saat ditemui di Hotel Aerotel Smile Makassar, Jalan Muchtar Lutfi, Senin, 1 April 2019.

Ke depan, Ichwan mengatakan penting bekerja sama dengan badan siber terhadap pemberitaan-pemberitaan yang kontennya selalu mengarah berita bohong. Dia juga menyebut soal skala prioritas terhadap berita bohong yang beredar ke publik, perlu melalui pemilahan.

“Konten untuk Suku, Agama, Ras, dan Antargolongan (Sara) kita utamakan, karena muatannya bisa ke mana-mana, sehingga bisa mengganggu keamanan dan stabilitas kota,” terangnya.

Indeks KAMI

Di tempat yang sama, Staf Ahli Bidang Ekonomi, Keuangan, dan Pembangunan Kota Makassar Ahmad Kafrawi menerangkan perlunya pengukuran dan standar terkait keamanan informasi dengan menggunakan tools indeks keamanan informasi (Indeks KAMI)

Dalam membuat tata kelola Sistem Informasi yang baik di instansi pemerintah tentunya diperlukan pengukuran dan standar terkait tingkat keamanan informasi dengan menggunakan tools indeks Keamanan Informasi (Indeks KAMI).

“Indeks KAMI adalah sebuah tools yang digunakan untuk mengevaluasi tingkat kematangan, tingkat kelengkapan penerapan ISO/IEC 27001:2013 dan gambaran tata kelola keamanan informasi di sebuah organisasi,” kata dia.

Alat evaluasi ini, kata dia, digunakan sebagai perangkat untuk memberikan gambaran kondisi kesiapan (kelengkapan dan kematangan) kerangka kerja keamanan informasi kepada pemimpin instansi.

Komentar

Rekomendasi

Danny Pomanto Perkenalkan Skuter Elektrik Untuk RT/RW

Muslimah Wahdah Makassar Gelar Pembekalan Penyelenggaraan Jenazah

Kota Makassar Dinilai Semakin Mundur

Direktur Pristac Didaulat Narasumber di Dialog Kebangsaan PP LIDMI

Didukung Nelayan Maju di Pilwali Makassar, Deng Ical: Terima Kasih

Danny Pomanto Tegaskan Maju Jalur Partai di Pilwali Makassar 2020

Hadir di Muktamar PP LIDMI, Ketum PPI Malaysia Bahas Kepemimpinan Dakwah Kampus

Undang Semua Parpol di Musyawarah Rakyat, Danny Pomanto: Kita Mau Tunjukkan

Bareng Relawan, Deng Ical Nobar Film ‘Warisan Terakhir’

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar