Firdaus, Penyandang Disabilitas yang Punya Impian Jadi Penulis Inspiratif di Masa Depan

penyandang disabilitas
Firdaus

Terkini.id, Makassar – Ada yang unik saat kegiatan Training of Writing and Recruitment (TOWR) yang diadakan oleh Forum Lingkar Pena Cabang Makassar.

Salah satu peserta bernama Firdaus membuat banyak pemateri dan panitia terkagum. Pasalnya, meskipun Firdaus memiliki banyak keterbatasan, ia punya semangat yang tinggi untuk belajar menulis.

Kegiatan TOWR 2019 yang dilaksanakan di MI Darul Istiqamah, Kecamatan Kanreapia, Kabupaten Gowa selama 3 hari (13-15 Desember 2019) ini, menyimpan banyak kesan mendalam bagi para peserta yang hadir. Terkhusus bagi Firdau.

Lelaki yang bersekolah di SMA Datuk Ribandang itu tak minder berada di antara peserta lain yang notabene kebanyakan dari mereka adalah mahasiswa bahkan ada juga yang sudah tamat kuliah.

Ketika kegiatan berlangsung, lelaki berusia 20 tahun tersebut begitu antusias menerima setiap materi. Terbukti, hampir di setiap sesi pertanyaan Firdaus selalu aktif memberikan pertanyaan, meski dalam keterbatasan kemampuan yang ia miliki.

Baca juga:

Saat pemateri melangsungkan praktik menulis, Firdaus menggunakan aplikasi voice reader (aplikasi yang dapat mengubah apapun yang diucapkan menjadi teks).

Sesekali juga Firdaus meminta bantuan peserta lain untuk menulis apa yang dia ucapkan di atas selembar kertas. Hal inipun menuai banyak pujian dari seluruh pasang mata yang hadir.

Saat diwawancarai oleh salah seorang pengurus, salah satu alasan Firdaus bergabung di Forum Lingkar Pena adalah ingin belajar menulis berita dan ingin membuktikan bahwa ia pun bisa menjadi seorang penulis yang kelak dapat menginspirasi banyak orang.

“Kami menerima semua kalangan untuk bergabung bersama Forum Lingkar Pena tanpa membeda-bedakan status sosial, suku maupun keyakinan. Pelukan FLP terbuka untuk semua orang yang ingin belajar menulis dan menyebarkan virus literasi,” tutur Tetta Sally selaku kKetua FLP Cabang Makassar periode 2019-2021, Selasa, 17 Desember 2019.

Komentar

Rekomendasi

Pemkot Makassar Beri Stimulus Percepatan Ekonomi bagi Pengusaha

Perkumpulan Kontraktor Listrik Protes Keras Addendum Kontrak PLN Sulselrabar

Yusran Akui Makassar Belum Penuhi Kriteria Terapkan New Normal

Ajak Masyarakat Donor Darah, PMI Makassar: Kami Sudah Jalankan Protokol Kesehatan

KPK Apresiasi Langkah Pj Wali Kota Yusran Selamatkan Aset Negara

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar