Gambar Ini Menunjukkan Mengapa Cuci Tangan Harus 30 Menit

Terkini.id, Jakarta – Wabah virus corona sedang melanda sejumlah negara di dunia. Salah satu ‘jalan masuk’ paling utama corona masuk ke tubuh adalah lewat tangan.

Para ahli pun menekankan tentang perlunya cuci cuci tangan untuk menangkal kuman apapun, termasuk virus corona COVID-19 yang tengah mewabah.

Nah, menurut parw ahli cuci tangan pakai sabun harus dilakukan selama minimal 30 detik. Kurang dari itu, dikatakan tidak efektif.

Anjuran itu tentu bukan tanpa alasan. Baru-baru ini, aktris Kristen Bell membagikan sebuah foto di Instagram yang menjelaskan kenapa cuci tangan harus dilakukan selama 30 detik dengan sabun.

Foto tersebut adalah kolase dari 6 gambar tangan berwarna biru-ungu, hasil penyinaran dengan ultraviolet (UV). Masing-masing difoto setelah cuci tangan dengan berbagai kondisi, dengan satu foto sebelum cuci tangan sebagai pembanding.

Foto sebelum cuci tangan tampak paling terang, mengindikasikan banyaknya kuman yang menempel. Makin lama durasi cuci tangan, makin banyak kuman yang terbasuh. Penggunaan sabun juga meningkatkan efektivitas cuci tangan. Tampak dalam foto tersebut, cuci tangan selama 30 detik dengan sabun adalah yang paling efektif.

“My mom sent me the hand washing black light comparison. 30 SECONDS WITH SOAP YALL!!!” tulis Bell dalam caption yang menyertai foto tersebut.

Bagaimana Bell mendapatkan foto tersebut, dan benarkan itu foto kuman?

Sebenarnya yang tampak sebagai warna biru cerah bukan benar-benar kuman, melainkan krim khusus dari mineral oil yang sering dipakai dalam eksperimen cuci tangan. Di bawah paparan sinar UV, krim tersebut bisa berpendar.

Intensitas warna yang dihasilkan dalam eksperimen ini mewakili banyaknya kuman yang tetap menempel saat cuci tangan. Makin lama cuci tangan pakai sabun, makin banyak krim maupun kuman yang tercuci.

Cuci tangan pakai sabun selama 30 detik banyak dianjurkan untuk menjaga kebersihan. Sebagai patokan, 30 detik cuci tangan setara dengan menyanyikan lagu ‘Happy Birthday’ sebanyak 2 kali dengan tempo sedang.

Komentar

Rekomendasi

Ini Cara Menghindari Virus Corona ala Johns Hopkins University, Kampus yang Sudah Prediksi Covid-19 di RI

Berikut 7 Tips Menghindari Stres Saat Karantina di Rumah

Berikut 7 Tips Menghindari Stres Saat Karantina di Rumah di Tengah Wabah Corona

Direktur RS Batara Siang Pangkep Imbau Masyarakat Tak Panik Terkait Virus Corona

Bubbling Plus Surprise: Inovasi Produk Kesehatan Kini Hadir Di Kota Makassar

Pasien Virus Corona Bisa Sembuh Meski Belum Ada Obatnya, Asalkan…

Kemenkes Beberkan Langkah Pencegahan Penyebaran Virus Corona Masuk ke Indonesia

Bill Gates Telah Ramalkan Virus Corona, Bisa Bunuh 30 Juta Orang dalam 6 Bulan

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar