Hati-hati, Ini 4 Penyakit yang Mengintai Selama Bulan Puasa

Bulan Puasa
Ilustrasi penyakit di bulan puasa. (foto: kanal247.com)

Terkini.id – Melaksanakan ibadah di bulan puasa adalah sebuah aktivitas yang sangat bermanfaat bagi jasmani dan rohani setiap orang yang menjalankannya.

Hal tersebut telah dibenarkan oleh beberapa pakar kesehatan, yang mengatakan bahwa puasa dapat membakar lemak jahat pada tubuh serta meningkatkan fungsi otak.

Namun, ketika menjalani puasa, setiap orang harus beradaptasi terlebih dahulu dengan perubahan pola makannya sehari-hari. Bahkan, perubahan tersebut terkadang dibarengi dengan datangnya berbagai penyakit, khususnya pada hari-hari awal bulan puasa.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut beberapa penyakit yang sering muncul saat bulan puasa.

1. Diare

Diare
Ilustrasi sakit diare. (foto: bacaanku.com)

Selama bulan puasa, banyak orang akan menghabiskan waktu makannya di luar rumah, baik untuk berbuka bersama teman atau keluarga.

Makan di tempat makan umum memiliki risiko infeksi saluran cerna, khususnya jika tempat makanan yang Anda kunjungi tidak menjaga kebersihan dengan baik.

Jadi plihlah tempat makan yang menjaga kebersihan. Selain itu, hindari makanan yang terlalu pedas saat berpuasa, khususnya saat perut masih kosong. Cucilah tangan sebelum dan sesudah makan.

2. Asam Lambung

Asam Lambung
Ilustrasi sakit asam lambung. (foto: hellosehat.com)

Bagi penderita asam lambung memang sedikit repot dalam urusan makanan. Ketika perut terlalu kosong, maka gas akan meningkat dan menyebabkan nyeri.

Namun, Anda tak perlu khawatir, biasanya asam lambung akan berlangsung pada awal puasa saja, seiring berjalannya waktu nanti tubuh Anda akan terbiasa.

Namun, disarankan agar mengonsumsi makanan sehat dan sedikit gas pada saat sahur. Kalau diperlukan, Anda bisa mengonsumsi obat lambung untuk mengantisipasi agar tidak kambuh di siang hari.

3. Sakit Maag

Sakit Maag
Ilustrasi sakit maag. (foto: Ist)

Apakah Anda memiliki sakit maag? Penyakit ini merupakan penyakit yang sering menjadi kendala saat berpuasa. Namun sakit maag bukanlah kendala Anda untuk berpuasa.

Makan sahur wajib untuk dilakukan, dan hindari makan dalam jumlah besar saat berbuka. Jangan langsung tidur setelah berbuka puasa. Karena hal ini dapat meningkatkan sekresi asam lambung. Selain itu, hindari stress pikiran, karena stress cenderung meningkatkan produksi asam lambung.

4. Sakit Tenggorakan

Sakit Tenggorokan
Ilustrasi sakit tenggorokan. (foto: halodoc.com)

Banyak juga yang mengalami sakit tenggorokan saat puasa. Hal tersebut bisa dikarenakan respon alami serta gangguan luar. Ketika tenggorokan tidak menelan makanan atau minuman, maka akan menciptakan sensasi haus, kering, dan sedikit rasa nyeri.

Selain itu, gangguan luar juga mempengaruhi, misalnya terlalu banyak mengonsumsi minuman es saat berbuka puasa.

Berita Terkait
Komentar
Terkini