Kades di Lutra Ikut Bimtek Pencegahan Penyimpanan Dana BUMDes

Pemerintah Daerah Kabupaten Luwu Utara melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) bekerjasama Lembaga Fasilitasi Management Pemerintahan Daerah (LFMPD) menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengawasan Kebijakan Pengelolaan Keuangan dan Aset Milik Desa, Jumat 5 Juli 2019, di Hotel Dalton Makassar.

Terkini.id,Makassar – Pemerintah Daerah Kabupaten Luwu Utara melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) bekerjasama Lembaga Fasilitasi Management Pemerintahan Daerah (LFMPD) menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengawasan Kebijakan Pengelolaan Keuangan dan Aset Milik Desa, Jumat  5 Juli 2019, di Hotel Dalton Makassar.

Bimtek yang berlangsung , mulai 5 hingga 7 Juli 2019 ini dihadiri para Kepala Desa dan Camat, dan dibuka Bupati melalui Asisten Pemerintahan dan Kesra, Jumal Jayair Lusssa.

Bimtek Pengawasan Kebijakan Pengelolaan Keuangan dan Aset Milik Desa digelar dalam rangka mencegah penyimpangan dana BUMDes, serta pengelolaan BUMDes untuk membangun desa.

“Pemerintah Daerah Kabupaten Luwu Utara akan terus mendorong upaya peningkatan kapasitas bagi Kepala Desa dan Perangkat Desa, salah satunya adalah dengan menggelar kegiatan Bimtek Pengawasan Kebijakan Pengelolaan Keuangan dan Aset Milik Desa yang kita lakukan hari ini,” tutur Asisten I Jumal Lussa dalam Sambutan Bupati yang ia bacakan.

Kata Jumal, selaras dengan amanat UU Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa dan Instruksi Presiden Nomor 7 Tahun 2015 tentang Aksi Pencegahan dan Pemberantasan Korupsi Tahun 2015.

“Hal ini dimaksudkan untuk meningkatkan upaya pencegahan terjadinya tindak pidana korupsi yang perlu dilaksanakan secara sungguh-sungguh,” papar Jumal.

Masih kata dia, peningkatan pendapatan desa melalui Dana Desa dan Alokasi Dana Desa memaksa perlu adanya pembinaan dan pengawasan agar dapat mencegah terjadinya penyimpangan.

“Keuangan desa harus dikelola berdasarkan asas transparansi, akuntabel, partisipatif serta dilakukan dengan tertib dan disiplin,” imbuhnya.

Pengelolaan keuangan desa yang baik dan profesional harus dapat diimplementasikan secara baik di lapangan.

“Untuk itu, kepada seluruh peserta Bimtek, apa yang diterima di sini dapat segera dimplementasikan di desa masing-masing,” harap Jumal di hadapan 165 peserta.

Salah satu narasumber yang memberikan materi adalah Asisten Pengawas Kejaksaan Tinggi Sulsel, Dr.H. Wito, SH., MH.

Sementara terkait BUMDes, ada 3 hal yang disampaikan, yaitu: (1) Pemberian bantuan penyertaan modal Bumdes disesuaikan dengan syarat yang ada; (2) Setelah bantuan BUMDes diberikan, penerima penyertaan modal BUMDes wajib memberi laporan pertanggungjawaban kepada Kades; dan (3) Penyertaan modal BUMDes yang diusulkan dalam proposal wajib sama dengan yang dipertanggungjawabkan.

“Ketiga hal ini jika dilaksanakan, insya Allah, tidak akan ada penyimpangan dana BUMDes yang akan terjadi,” pungkasnya.

Komentar

Rekomendasi

Jumlah Korban Meninggal Virus Corona Tembus 1.800

Cekcok dengan Pacarnya, Pria Ini Loncat dari Fly Over lalu Tewas

Perhatian, Soal Dana Desa Mendagri Perintahkan Eselon I Turun Langsung ke Daerah

Bawa Lazio ke Peringkat Atas Liga Italia, Inzaghi Diincar Barca?

Beredar Kabar Said Aqil Sebut Jokowi Cucu Kandung Nabi Musa, Ini Faktanya

Ungkap Masalah Perceraiannya, Ahok: Saya Orang yang Tak Pernah Mau Kalah

Rindu dengan Anaknya yang Tak Kunjung Pulang, Ibu Ini Menangis Sambil Peluk Boneka

Fasilitas Pengolahan Limbah B3 Bakal Dibangun di Kabupaten Barru

Heboh, Bupati Ambil Kembali Bantuan Korban Banjir setelah Diliput Wartawan

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar