Makassar Terkini
Masuk

LBH Jakarta Gugat Menkominfo, Ada Apa Sebenarnya?

Terkini.id, Jakarta – Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Jakarta menggugat Menteri Kementerian Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) terkait Permenkominfo Nomor 5 tahun 2020. LBH Jakarta menilai peraturan tersebut merugikan banyak pihak. 

Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika nomor 5 tahun 2020 ini berisi tentang Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) Lingkup Privat. 

Melansir dari Tekno Kompas, Permen ini mengatur ihwal pendaftaran, tata kelola, moderasi informasi atau dokumen elektronik, dan permohonan pemutusan akses atas informasi atau dokumen yang dilarang. 

Selain itu, aturan tersebut juga mengatur pemberian akses data pribadi untuk kepentingan pengawasan penegakan hukum, serta sanksi administratif yang mungkin dijatuhkan pada PSE yang ada di Indonesia.

Sebagaimana yang disampaikan melalui laman Twitter LBH Jakarta @LBH_Jakarta, mereka mengajak para konten kreator dan berbagai pihak terkait untuk mengadukan kerugian yang dialami akibat peraturan ini. 

“LBH Jakarta mengajak kepada seluruh konten kreator, digital developer dan berbagai pihak yang dirugikan akibat Permenkominfo No 5/2020 untuk mengadukan kerugian-kerugian yang dialami termasuk represi kebebasan di ranah digital akbat kebijakan ini. #BlokirKominfo,” himbau LBH Jakarta pada Sabtu, 30 Juli 2022.

LBH Jakarta juga melampirkan sebuah gambar yang berisi informasi tentang Pos Pengaduan terkait peraturan tersebut. 

Untuk pihak yang merasa dirugikan, LBH Jakarta menyarankan untuk mengadukan hal tersebut ke kantor LBH Jakarta yang berada di Jalan Diponogoro Nomor 74, Menteng, Jakarta Pusat. Atau bisa melalui email resmi dari LBH Jakarta. 

Diketahui, baru-baru ini Kominfo melakukan pemblokiran terhadap, beberapa situs online, diantaranya Steam, Epic Games hingga PayPal.