Makassar Optimis Puskesmas Raih Akreditasi Utama

Sekda Makassar menerima kunjungan Tim Surveyor dari Komisi Akreditasi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama di Puskesmas Makkasaru, Kecamatan Ujung Pandang, Makassar, Kamis, 19 September 2019.

Terkini.id, Makassar – Pemerintah Kota Makassar melalui Sekretaris Daerah Kota Makassar, Muhammad Ansar, mengatakan Puskesmas yang ada di Kota Makassar telah menjalankan upaya pembangunan secara fisik dan pengadaan alat kesehatan guna mendukung proses akreditasi. Namun, kata dia, tetap memegang prinsip-prinsip tata kelola yang baik, termasuk Puskesmas Makkasau.

Hal itu ia sampaikan saat menerima kunjungan Tim Surveyor dari Komisi Akreditasi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama di Puskesmas Makkasaru, Kecamatan Ujung Pandang, Makassar, Kamis, 19 September 2019.

Dia pun mengaku optimis Puskesmas yang berada tidak jauh dari rumah jabatannya ini bisa meraih akreditasi utama. Apalagi proses akreditasi kali ini lebih ketat.

“Kita terus berbenah untuk memenuhi semua upaya peningkatan layanan kesehatan,” urainya.

Tahun ini kata dia lebih ketat prosesnya, tadi ketua tim Surveyor bilang kalau dia minta data terus pejabatnya tidak ada, maka proses survey maka lokasi langsung ditinggalkan.

“Saya yakin Puskesmas Makkasau ini kami harap bisa dapat akreditasi Utama,” kata Ansar.

Ansar mengatakan Puskesmas Makkasau sudah memenuhi ketersediaan dan kelengkapan perbekalan kesehatan, sarana, dan prasarana yang mendukung pelayanan kesehatan bagi warga.

“Karena yang paling penting dari proses akreditasi ialah peningkatan kualitas layanan kesehatan kepada masyarakat,” ujarnya.

Selain memberikan layanan kesehatan, Puskesmas juga menjalankan program preventif promotif. Seperti upaya menurunkan angka stunting, angka Kematian ibu, dan penyakit tidak menular.

“Jadi akreditasi yang akan diperoleh Puskesmas nanti itu harus berkontribusi positif dalam mencapai tujuan kesehatan nasional,” tutupnya.

Berita Terkait
Komentar
Terkini
Makassar

KPU Sijunjung Study Banding di KPU Makassar

Terkini.id -- KPU Kota Makassar menerima kunjungan dari KPU Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat, pada hari Kamis, 21 November 2019.Setelah sehari sebelumnya menerima kunjungan serupa