Makassar Terkini
Masuk

Ukraina Bantah Jokowi, Natalius Pigai: Gagal Total dan Bikin Malu

Terkini.id, Jakarta – Aktivis HAM Natalius Pigai memberikan komentarnya terkait Ukraina yang menepis kabar Zelensky titip pesan kepada Jokowi untuk Presiden Rusia, Vladimir Putin.

Menurut Natalius Pigai, bantahan yang langsung disampaikan oleh Sekretaris Pers Kantor Kepresidenan Ukraina tersebut adalah hal yang memalukan.

“1. @Jokowi tdk paham pesan dlm perang mesti tertulis. 2. Tdk bisa jaga martabat Zalensky .3. Serangan saat di Rusia tanda tdk dihargai. 4.Ada unsur bohong dunia. 4. Baru pertama kali dlm sejarah seorg Presiden dibantah. 5. Jokowi Gagal Total. 6. Bikin Malu,” ujar Natalius Pigai, dikutip dari akun Twitter @NataliusPigai2, Minggu 3 Juli 2022.

Cuitan Natalius Pigai Soal Ukraina yang Bantah Titip Pesan Kepada Jokowi ( screenshot akun Twitter @NataliusPigai2)

Sebagai informasi, Ukraina melalui Sekretaris Pers Kepresidenan membantah kabar bahwa Presiden Zelensky menitip pesan kepada Jokowi untuk Putin.

Serhii Nikiforov selaku Sekretaris Pers Kantor Kepresidenan Ukraina mengatakan jika Presiden Ukraina, ingin menyampaikan pesan untuk Putin, maka akan dilakukan secara langsung didepan publik lewat sebuah pidato harian.

Serhii Nikiforov juga menguraikan bahwa topik utama yang dibahas dalam pertemuan antara Jokowi dan Zelensky adalah masalah blokade pelabuhan Ukraina.

“Indonesia adalah salah satu pengimpor biji-bijian terbesar dari Ukraina, dan blokade pelabuhan-pelabuhan Ukraina adalah fokus utama pembicaraan antara kedua presiden (Indonesia dan Ukraina) di Kyiv,” ujar Serhii Nikiforov, dikutip dari kompas.com, Minggu 3 Juli 2022.

Disisi lain, juru bicara Istana Kremlin, Dmitry Peskov menjelaskan tidak terdapat pesan tertulis yang disampaikan Jokowi dari Zelensky terkait perang Rusia dan Ukraina.

“Itu bukan pesan tertulis. Hanya itu yang bisa saya katakan kepada Anda,” ucap Dmitry Peskov.

Diketahui sebelumnya, Jokowi mengumumkan akan berkunjung ke Ukraina dan Rusia untuk membawa misi perdamaian.

“Perjalanan saya ke ibu kota Ukraina dan bertemu Presiden Zelensky semata-mata untuk membawa misi perdamaian,” ungkap Jokowi, dikutip dari Twitter @jokowi, Minggu 3 Juli 2022.

“Dalam kaitan ini, saya menawarkan diri untuk membawa pesan dari Presiden Zelensky untuk Presiden Putin yang akan saya kunjungi segera,” pungkas Jokowi.