Makassar Terkini
Masuk

Natalius Pigai Sebut Kapolri Profesional Soal Ferdy Sambo Dinonaktifkan, Warganet: Terserah Situ Lah Pig

Terkini.id, JakartaNatalius Pigai turut memberikan apresiasi kepada Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo atas keputusannya soal Ferdy Sambo dinonaktifkan dari jabatannya. Ia menyebut Kapolri telah menunjukkan profesionalitas. Dalam hal itu, warganet turut berkomentar sebut terserah situ lah Pig, Selasa 19 Juli 2022.

Mantan Komisioner Komnas HAM Natalius Pigai diketahui ikut mengapresiasi keputusan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menonaktifkan Irjen Ferdy Sambo sebagai Kadiv Propam Polri. Pigai memandang Kapolri menunjukkan profesionalitas dan menghormati Hak Asasi Manusia (HAM) dalam menangani kasus penembakan antara sesama polisi yang menewaskan Brigadir Yoshua Hutabarat atau Brigadir J.

“Penonaktifan Kadiv Propam dengan asas praduga tidak bersalah pada saat yang tepat dimana proses lidik dilakukan,” sebut Pigai kepada wartawan, Senin 18 Juli 2022.

“Kapolri memahami dan mengerti perasaan publik .Kapolri tahu bagaimana proses dan prosedur formal dalam penegakan hukum baik hukuman administrasi maupun juga pidana sehingga pengambilan keputusan ini dilakukan secara terukur pada waktu yang tepat,” lanjutnya.

Pigai mengapresiasi Kapolri Jenderal Sigit, membuktikan profesionalitas dalam penanganan kasus itu. Ia berharap publik tetap tenang, mengikuti proses yang sedang berlangsung dalam mengungkap kasus tersebut secara terang benderang.

“Kapolri juga tunjukkan profesionalitas, objektif, imparsial & menghormati HAM baik dari para pihak yang terkait. Kita perlu memberi apreasiasi untuk Kapolri,” ucap Pigai.

“Kita berharap rakyat tetap tenang mengikuti proses yang berlangsung di Mabes Polri karena Polri akan profesional dalam bekerja,” tambahnya.

Di samping itu, warganet yang mengetahui apresiasi Pigai atas keputusan Sigit itu, turut berkomentar. Ia seakan tidak senang dengan pernyataan Pigai. “Terserah situ la, Pig!” tweet Santri Luar Pagar @de_Vawzi.

Sumber Foto: Cuplikan Tweet Warganet Soal Apresiasi Natalius Pigai kepada Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo

Diketahui sebelumnya, Menko Polhukam Mahfud Md memuji langkah Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menonaktifkan Irjen Ferdy Sambo dari jabatan Kadiv Propam. Mahfud memandang langkah tersebut sebagai presisi di tubuh Polri berjalan.

“Bagus. Presisi Polri berjalan, masyarakat optimis,” kata Mahfud, Senin 18 Juli 2022. Pernyataan Mahfud tersebut disampaikan lewat akun resmi Twitternya yang dilansir dari detikcom.

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo diketahui menonaktifkan Irjen Ferdy Sambo sebagai Kadiv Propam Polri. Jabatan Kadiv Propam saat ini dipercayakan kepada Wakapolri Komjen Gatot Eddy Pramono.

“Malam hari ini kita putuskan untuk Irjen Pol Ferdy Sambo untuk sementara jabatannya dinonaktifkan, dan kemudian jabatan tersebut saya serahkan kepada Pak Wakapolri,” jelas Sigit dalam jumpa pers di kantornya, Senin 18 Juli 2022.

Sigit menerangkan, penonaktifan tersebut dilakukan dalam menjaga objektivitas, transparansi, dan akuntabilitas Polri untuk mengusut kasus penembakan Brigadir Yoshua Hutabarat atau Brigadir J di kediaman Irjen Ferdy Sambo.

“Untuk menjaga objektivitas, transparansi dan akuntabel ini kita betul-betul bisa kita jaga agar rangkaian dari proses penyidikan yang saat ini sedang dilaksanakan betul-betul bisa berjalan dengan baik,” bebernya Sigit.