PAD Makassar Menurun, Ini Penjelasan Penjabat Walikota

Laporan pertanggungjawaban pelaksanaan APBD 2018

Terkini.id,Makassar – Penjabat Wali Kota Makassar M Iqbal S Suhaeb mengaku realisasi Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Makassar Tahun Anggaran 2018 mengalami penurunan dari segi nominal dibandingkan dengan realisasi pendapatan pada tahun sebelumnya.

Ia beralasan kondisi tersebut terjadi lantaran penerimaan beberapa objek pajak seperti Bea dan Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) mengalami penurunan transaksi cukup signifikan dari tahun sebelumnya.

“Pajak parkir pun pengelolaannya belum maksimal lantaran masih tumpang tindih dengan pengelolaan retribusi parkir,” kata dia saat membacakan hasil laporan pertanggungjawaban pelaksanaan APBD tahun anggaran 2018 di Kantor DPRD Kota Makassar, Jumat, 5 Juli 2019.

Terkait jenis penerimaan retribusi daerah perihal izin mendirikan bangunan, menurut Iqbal juga mengalami penurunan pendapatan dibanding tahun lalu. Hal itu, kata dia, jumlah masyarakat pemohon untuk pengurusan IMB mengalami penurunan.

Kendati demikian, ia mengingatkan, bahwa ke depan penerimaan melalui PAD akan lebih optimalĀ  pengelolaannya.

Menarik untuk Anda:

“Secara khusus kepada seluruh jajaran eksekutif, utamanya SKPD pengelola pendapatan, saya minta untuk lebih fokus meningkatkan kinerja, kreatif dan inovatif dalam menggali sumber-sumber penerimaan daerah dengan tetap berpedoman pada kaidah hukum yang berlaku,” tukasnya.

Pada kesempatan yang sama, Iqbal menegaskan bahwa penurunan PAD tahun 2018 hendaknya menjadi tantangan bagi seluruh jajaran lingkup Pemkot untuk berbenah ke depan.

“Dengan pertumbuhan ekonomi Kota Makassar yang cenderung terus meningkat, secara tidak langsung memberikan kontribusi bagi peningkatan PAD Kota Makassar di tahun-tahun ke depannya,” tutupnya.

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

Tancap Gas, Gerindra Perkenalkan Fatmawati Rusdi Dari Rumah ke Rumah

Ketua Komisi B DPRD Makassar Respon Rencana PD Parkir Ihwal Parkiran Sepeda

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar