Patut Dicontoh, Mahasiswi Pascasarjana Unhas Peduli Limbah Plastik

Dua mahasiswi Pascasarjana Universitas Hasanuddin Istika Ahdiyanti dan Amaliah

Terkini.id,MakassarLimbah botol plastik merupakan limbah yang kian sulit terurai dengan cepat. Di tanah, botol plastik dapat menghalangi peresapan air dan sinar matahari, sehingga mengurangi kesuburan tanah dan dapat menyebabkan banjir.

Di lautan secara leluasa dapat terpapar sinar ultraviolet matahari, kemudian terjadilah fotodegradasi yang memecah plastik menjadi ukuran kecil-kecil.

Akhirnya bahan beracun dari plastik yang telah terpecah-pecah itu masuk dalam rantai makanan, termakan oleh makhluk hidup di laut, dari yang terkecil hingga yang terbesar dan manusia yang mungkin berada dalam urutan teratas rantai makanan tersebut, mendapatkan efek akumulasi dari bahan-bahan beracun itu.

Lalu di udara komponen plastik pada botol yang bertebaran dapat berbahaya bagi kesehatan dan lingkungan.

Dengan berbagai dampak yang ditimbulkan tersebut dua mahasiswi Pascasarjana Universitas Hasanuddin Istika Ahdiyanti dan Amaliah. Keduanya berinisiatif mengurangi limbah botol plastik dengan cara membawa botol minuman sendiri dari rumah masing-masing.

Salah satu mahasiswi Pascasarjana Universitas Hasanuddin, Amaliah mengungkapkan keprihatinanya terhadap limbah botol plastik yang begitu banyak memberikan dampak pencemaran lingkungan.

“Kita telah melihat dan sangat mengetahui bahwa limbah botol plastik tersebut sangat sulit dalam proses penguraian yang membutuhkan waktu yang sangat lama,” ujarnya.

Berbagai dampak yang telah ditimbulkan limbah botol plastik yang tentunya sangat merugikan lingkungan kita bersama.

“Dengan itu saya berinisiatif membawa botol minuman sendiri dari rumah dan ikut menghimbau dan mempromosikan bahanyanya Limbah Botol plastik terhadap lingkungan dengan cara mempraktekkan dan memberikan contoh secara langsung dengan menggunakan dan membawa botol minuman sendiri dari rumah,” tandas mahasiswi S2 Sosiologi PPS UNHAS ini.

Seperti dilansir dari World Atlas, yang dikutip oleh fimela.com mengatakan Indonesia menjadi negara ke-4 pengguna botol plastik terbanyak di dunia. Tercatat penggunaan botol plastik di negara Indonesia mencapai 4,82 miliar.

“Semoga kedepannya lebih banyak lagi masyarakat yang peka terhadap kepedulian lingkungan agar terciptanya lingkungan yang sehat bebas limbah plastic,”garapnya.

Berita Terkait
Komentar
Terkini