Makassar Terkini
Masuk

Usai PC Ditetapkan Sebagai Tersangka, Komnas Perempuan Dorong Beri Pendampingan Psikologis

Terkini.id, Jakarta – Komnas Perempuan dalam menyikapi penetapan istri Irjen Ferdy Sambo, Putri Candrawathi sebagai tersangka dalam kasus pembunuhan Brigadir J, mendorong untuk memberikan pendampingan psikologis.

Hal ini disampaikan oleh Komisioner Komnas Perempuan Siti Aminah Tardi yang mengatakan PC akan tetap mendapatkan pendampingan pikologis meski menyandang status sebagai tersangka.

Menurut Siti Aminah Tardi, sangat penting memberikan pendampingan kepada PC. Hal ini berdasarkan pada hasil pemeriksaan medis LPSK yang menyatakan PC mengalami gangguan stress pasca trauma.

Selain itu, Siti Aminah berpendapat jika pendampingan ini dilakukan sebagai bentuk pemberian hak kepada PC atas kesehatannya.

“Komnas Perempuan mendorong agar pendampingan psikologi sebagai bagian dari hak atas kesehatan tetap dilakukan,” kata Siti Aminah Tardi, dikutip dari laman CNN Indonesia, Sabtu 20 Agustus 2022.

Siti menyampaikan jika status PC sebagai tersangka merupakan perempuan yang berkonflik dengan hukum.

Perempuan yang berkonflik dengan hukum juga salah satu bagian dari perempuan yang berhadapan dengan hukum.

“Bersama dengan perempuan sebagai korban, perempuan sebagai saksi,” ucapnya.

Siti menuturkan, Putri tetap memiliki sejumlah hak yang dijamin dalam kitab undang-undang hukum acara pidana, yaitu praduga tidak bersalah, hak atas bantuan hukum, dan hak memberikan keterangan tanpa tekanan.

Kemudian, hak untuk bebas dari penyiksaan dan perlakuan tidak manusiawi, hak bebas dari pertanyaan yang menjerat, dan hak atas kesehatan.

Komnas Perempuan pun masih berencana meminta keterangan dari Putri. Siti mengatakan pemeriksaan terhadap Putri penting agar keterangan yang dikumpulkan Komnas HAM dan Komnas Perempuan menjadi utuh.

“Tentu kita harus memiminta keterangan dari Ibu PC dalam posisinya sebagai apapun. Baik ia sebagai saksi, sebagai tersangka atau pendalaman dari dugaan terjadinya pelecehan seksual,” ujarnya.

Diwartakan sebelumnya, Putri Candrawathi telah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus pembunuhan Brigadir Yosua Hutabarat atau Brigadir J. Ia menyusul Sambo, Bharada Richard Eliezer, Bripka Ricky Rizal, dan Kuat Maruf yang telah lebih dahulu ditetapkan sebagai tersangka.

Kelima tersangka dijerat Pasal 340 subsider Pasal 338 juncto Pasal 55 juncto Pasal 56 KUHP.