Soal Subsidi Minyak Goreng Akan Dicabut, Pedagang Minyak Goreng: Enggak Kasihan Apa Sama Rakyat?

Terkini.id, Jakarta – Rencana pemerintah Indonesia mencabut subsidi minyak goreng kembali dipertanyakan oleh para pedagang minyak goreng.

Dilansir dari poskota.co.id, Sabtu 28 Mei 2022, salah satu pedagang minyak goreng yang berlokasi di Pasar Kramat Jati, Jakarta Timur menanggapi isu pencabutan subsidi minyak goreng curah yang rencananya akan dilakukan oleh pemerintah.

Pedagang minyak goreng bernama Masyudah menjelaskan bahwa kebijakan subsidi minyak goreng curah tersebut sangat sulit dan rumit untuk didapatkan.

Baca Juga: Sindir Kebijakan Luhut Beli Minyak Goreng Pakai Peduli Lindungi, Dokter...

Sehingga Masyudah memilih untuk tidak memakai hak subsidi minyak goreng curah tersebut.

“Kemarin sempat ditawarin minyak subsidi, tapi ribet pakai KTP gitu, saya tidak mau,” ucap Masyudah.

Baca Juga: Terbatas! Ini Cara Dapatkan Minyak Goreng Rp 14.000 per Liter

Masyudah hanya berharap pemerintah memiliki rasa iba kepada penderitaan masyarakat kecil di Indonesia.

“Kita mah ikutin saja, namanya kita rakyat kecil. Kalau bisa ya murah saja, enggak kasihan apa sama rakyat?,” imbuhnya.

Pedagang minyak goreng lainnya juga turut memberikan pendapatnya soal subisidi minyak goreng curah, Zahra sebagai penjual minyak goreng mengatakan bahwa dirinya belum pernah merasakan subsidi minyak goreng curah dari pemerintah.

Baca Juga: Terbatas! Ini Cara Dapatkan Minyak Goreng Rp 14.000 per Liter

Padahal kebijakan subsidi minyak goreng curah tersebut telah diterbitkan sejak Maret 2022.

“Kemarin ibu lagi repot, jadi ibu tidak urus (minyak goreng subsidi) dan ambil,” tutur Zahra, dikutip dari poskota.co.id, Sabtu 28 Mei 2022.

Namun disisi lain, Zahra merasa keberatan dengan kebijakan pemerintah soal pencabutan subsidi minyak goreng curah yang akan dilaksanakan pada 31 Mei 2022.

“Ngerasain (minyak subsidi) juga belum masak dicabut lagi? Kalau gitu sih keberatan saya. Selama minyak mahal kan, sekarang subsidi ada, tapi mau dicabut lagi,” lanjut Zahra.

Sebagai informasi, Putu Juli Ardika selaku Dirjen Industri Agro Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mengumumkan bahwa subsidi minyak goreng curah akan dicabut pada 31 Mei 2022.

Keputusan untuk mencabut subsidi minyak goreng curah dikarenakan dua peraturan baru yang dikeluarkan dari Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag).

“Kami tinggal menunggu ditandatangani oleh Menteri Perindustrian untuk perubahan ketiga mengenai determinasi program penyediaan minyak goreng curah,” kata Putu Juli Ardika.

Bagikan