Makassar Terkini
Masuk

Pembalap Latihan di Jalan Lingkar, Panitia Road Race Bupati Cup III Tak Lakukan Pencegahan

Terkini.id, Jeneponto – Pembalap yang bakal mengikuti Road Race Bupati Cup III yang akan dilaksanakan Sabtu, 13 hingga Minggu 14 Agustus 2022 telah berdatangan. Bahkan sejumlah yang diduga pembalap yang akan ikut di Road Race Bupati Cup III melakukan latihan.

 Latihan itu berlangsung di jalan Ishak Iskandar (Lingkar, tepatnya depan Rumah Sakit Lanto Daeng Pasewang, Kelurahan Empoang Selatan, Kecamatan Binamu, Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan, Jumat, 12 Agustus 2022.

Dari pantauan terkini.id, latihan para pembalap menjadi perhatian warga dan dijadikan tontonan gratis bagi warga yang melintas, namun untuk keamanan penonton masih terbilang minim.

Puluhan pembalap yang melakukan latihan itu mengakibatkan jalan tertutup, tak bisa dilewati oleh pengguna jalan lain lantaran dipenuhi penonton, pengendara yang akan melintas terpaksa putar balik.

“Bingung saya ini pak, jalan dialihkan kesini, sampai disini malah ada yang latihan,” kata Salah seorang sopir angkutan umum tujuan Kabupaten Bulukumba.

Terkait dengan hal tersebut, pihak panitia mengaku itu diluar tanggung jawab panita,”Panitia tidak tahu soal itu, Kalau ada, itu diluar kewenangn kami,” kata Sekretaris Panitia Mansyur.
Sementara terkait dengan izin, panitia sudah mendapatkan izin dari Polda Sulsel,” sudah ada, dari Polda,” kata AKBP Andi Erma Suryono.

Ditanya terkait, apa yang diwajibkan bagi Panitia dalam surat izin dari Polda Sulsel,  Andi Erma Suryono mengatakan ada beberapa.

“Ada beberapa, antara lain turut menjaga keamanan, ketertiban, menyediakan sarana prasarana kesehatan, mentaati peraturan-peraturan,” jelas Andi Erma Suryono.

Sedangkan dalam surat izi yang dikeluarkan oleh Polda Sulsel nomor SI/70/VIII/YAN.2.1/2022/Ditintelkam, tertanggal 9 Agustus 2022 tertuang panitia diwajibkan untuk mencegah supaya para peserta tidak melakukan kegiatan-kegiatan lain yang bertentangan ataupun menyimpang dari pada tujuan kegialan yang telah dinyatakan tertulis dalam surat permohonan izin.

Namun panitia Road Race Bupati Cup III tidak melakukan pencegahan terhadap sejumlah pembalap yang diduga peserta Road Race Bupati Cup III yang sempat melakukan latihan yang sempat menutu jalan Ishak Iskandar.