Makassar Terkini
Masuk

Ketua dan Pengurus DPC Persagi Jeneponto dan Takalar Resmi Dilantik

Terkini.id, Jeneponto – Ketua terpilih dan pengurus Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Persatuan Ahli Gizi Indonesia (Persagi) Kabupaten Jeneponto periode 2022-2027 resmi dilantik 

Ketua dan Pengurus DPC Persagi Jeneponto dan Takalar yang dilantik oleh Ketua DPD Persagi Sulsel berlangsung di Baruga Manindori, Kantor Bupati Takalar, Sabtu, 6 Agustus 2022.

Hadir Bupati Takalar, Syamsari Kitta, Ketua DPD Persagi Sulsel Manjilala, beberapa kepala OPD Pemkab Takalar dan jajaran Dinas Kesehatan Jeneponto.

Bupati Takalar H. Syamsari dalam sambutannya berharap agar peran ahli gizi mampu merambah Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan pedesaan. 

“Penggunaan ilmu gizi sangat terbatas, untuk itu wilayah berekspresi para ilmu gizi kita ini harus diperjuangkan agar dibuka melalui aturan. Karena sistem di Indonesia itu pada umumnya hanya diterima melalui aturan,” kata  Syamsari.

Syamsari mencontohkan jika misalkan dibuat perundang-undangan dan aspek gizi dimasukkan dalam UMKM yang mengelola makanan, maka ilmu gizi akan dibutuhkan sama seperti apoteker dan Persagi akan memberikan kontribusi yang besar bagi bangsa. 

“Ini dibutuhkan karena jika gizi masyarakat terpenuhi maka kita bisa mendorong aspek-aspek lainnya berkembang,’ tambahnya. 

Ketua DPD Persagi Sulsel Manjilala menyampaikan arah Persagi kedepan termasuk dalam pendampingan UMKM. Namun masih menemui kendala dalam pelaksanaannya. 

“Desa Binaan kita akan koordinasikan agar bisa dilaksanakan di Takalar. Dan terakhir saya berharap kita semua yang tergabung dalam Persagi ini mempu mengembangkan diri, aktif ikut dalam pelatihan-pelatihan;’ pungkasnya. 

Untuk diketahui, Persagi merupakan organisasi yang menghimpun para ahii gizi di Indonesia. Tujuan dari organisasi ini yaitu meningkatkan kesejahteraan rakyat melalui perbaikan gizi dalam mewujudkan cita-cita bangsa Indonesia. 

Ketua DPC Persagi Jeneponto yang baru dilantik, Syusanty A Mansyur menyampaikan ucapan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan dalam menahkodai Persagi di Jeneponto.

“Kami mengharapkan bimbingan dari DPD Persagi Sulsel dan dukungan dari seluruh rekan-rekan ahli gizi yang ada di Kabupaten Jeneponto untuk bekerjasama, bahu membahu menyelesaikan masalah gizi yang ada, terutama stunting,” harap Syusanty.

Syusanty juga mengungkap masalah stunting yang saat ini masih menjadi isu nasional harus diatasi dengan baik.

“Saat ini upaya percepatan penurunan stunting telah kita lakukan secara massif, stunting dan kekurangan gizi harus diatasi dengan baik agar generasi masa depan Indonesia bisa menjadi generasi yang unggul, berdaya saing, dan berkualitas,” jelas Syusanty.