Penting! Ini Ciri Orang yang Rentan Terpapar Covid Varian Delta

Terkini.id, Jakarta – Penting! Ini ciri orang yang rentan terpapar covid varian delta. Seperti yang diketahui, melonjaknya kasus penularan virus corona alias Covid-19 yang terjadi di Indonesia dalam beberapa pekan terakhir diklaim buntut dari mewabahnya mutasi corona varian Delta.

Virus varian Delta atau biasa disebut corona varian India sudah menular hampir semua wilayah zona merah corona, terutama di Pulau Jawa. Covid varian Delta ini disebut paling mengkhawatirkan lantaran proses penularannya yang sangat cepat.

Parahnya, virus varian Delta ini dapat membuat pasiennya merasakan gejala sedang hingga berat yang mengharuskan dirawat di rumah sakit. Diketahui, varian Delta ini ditemukan pertama kali  di India pada akhir 2020 lalu. Varian ini juga yang menjadi pemicu terjadinya ledakan Covid-19 atau gelombang tsunami corona untuk kedua kalinya di India.

Baca Juga: Kasus Covid-19 di Sulsel Mulai Melandai dan Dibawah Standar WHO,...

Lantas, apakah ada ciri orang yang rentan terinfeksi virus corona varian Delta? Seperti dilansir suara.com, jaringan Terkini.id, Jumat 16 Juli 2021, berikut ciri orang yang rentan terpapar atau terinfeksi virus varian Delta ini:

Orang di Wilayah Vaksinasi Rendah

Baca Juga: Plt Gubernur Sulsel Dapat Bantuan 20 Unit Oksigen Konsentrator

Selain di India, varian Delta kini sudah menyebar ke berbagai negara lainnya termasuk Indonesia. Organisasi Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO) menyampaikan, varian Delta ini merupakan mutasi virus corona yang penularannya paling cepat.

WHO juga menyampaikan, varian Delta akan lebih cepat menginfeksi orang-orang paling rentan. Adapun orang-orang yang paling rentan terinfeksi yakni orang-orang yang berada di wilayah dengan tingkat vaksinasi rendah.

Orang dengan Usia Muda

Baca Juga: Plt Gubernur Sulsel Dapat Bantuan 20 Unit Oksigen Konsentrator

Selain itu, menurut Public Health England, virus corona varian Delta ini juga mampu dengan cepat menginfeksi masyarakat yang usianya masih muda. Orang yang belum divaksin juga sangat rentan terinfeksi virus ini.

Bahkan, orang yang sudah vaksin juga dianjurkan untuk vaksin lagi untuk kedua atau bahkan ketiga kalinya guna meningkatkan efektivitas atau menjaga imun tubuh.

Orang yang Belum Divaksin

Data terbaru yang diterbitkan sebuah jurnal di Inggris menyebutkan, dari 92.029 kasus infeksi varian Delta yang telah dianalisis dari Februari 2021 hingga pertengahan Juni 2021, sebanyak 82.500 di antaranya menginfeksi pasien dengan usia di bawah 50 tahun.

Selain itu, sekitar 53.822 kasus virus corona varian Delta ditemukan pada pasien yang belum divaksinasi. Sementara, untuk usia di atas 50 tahun, varian virus ini ditemukan sebagian kecil saja, yaitu 976 dari total kasus keseluruhan.

Gejala Covid-19 Varian Delta

Adapun gejala Covid-19 varian delta yang paling umum dialami pasien yaitu sakit tenggorokan, sakit kepala, flu berat, dan pusing. Berikut ini rinciannya:

Sakit perut

Hilangnya selera makan

Mual

Muntah

Gangguan pendengaran

Sakit sendi

Sakit kepala

Sakit tenggorokan

Nyeri sendi

Pilek demam

Virus corona varian Delta juga menyerang anak-anak dengan beberapa gejala khusus. Menurut Direktur US National Institute of Allergy and Infectious Diseases, dr Anthony Fauci, Covid-19 varian Delta dapat menular lebih mudah kepada anak-anak, apalagi yang tidak divaksinasi.

“Virus ini (Covid-19 varian Delta) lebih cepat menular, oleh karena itu anak-anak akan lebih mungkin terinfeksi dibandingkan dengan varian Alpha,” beber Fauci pada 23 Juni 2021 lalu kepada CBS This Morning.

Dilansir dari dari The Sun, para ahli kemudian menyarankan orang tua untuk lebih waspada gejala Covid-19 varian Delta pada anak-anak mereka, yaitu:

Kelelahan

Sakit kepala

Demam

Sakit tenggorokan/pilek

Kehilangan selera makan

Sementara itu, para ahli menyebutkan gejala Covid-19 varian Delta untuk usia di atas 40 tahun lebih sering mengalami:

Sakit kepala

Pilek

Bersin-bersin

Demikianlah informasi mengenai ciri orang yang rentan terinfeksi virus corona varian Delta. Perhatikan gejala Covid-19 varian Delta baik pada anak-anak dan orang dewasa. Tetap jaga protokol kesehatan dan segera mendaftar dan ikut vaksinasi Covid-19.

Bagikan