Persingkat Waktu Layanan, Disdukcapil Parepare Raih Penghargaan Kemenpan RB

Terkini.id, Parepare – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Parepare menjadi satu-satunya SKPD di Kota Parepare yang meraih Predikat ‘Sangat Baik’ atau masuk Kategori A pada kegiatan Evaluasi Pelayanan Publik yang diselenggarakan Kementerian PAN dan RB.

Selain Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Parepare, dua SKPD lainnya di Kota Parepare.

Antara lain, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu serta RSUD Andi Makkasau masing-masing meraih Predikat ‘Baik’ atau masuk Kategori B.

“Kami banyak melakukan perubahan dalam beberapa tahun ini, salah satunya menyingkat waktu layanan, menerapkan monitor antrian, dan memenuhi sejumlah indikator yang disyaratkan Kementerian PAN dan RB,’’ kata Saifullah, SIP, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Parepare.

Selain itu, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Parepare juga proaktif turun ke lapangan, memastikan bahwa semua penduduk sudah memiliki dokumen kependudukan, terutama untuk kelompok lansia dan disabilitas.

“Kami juga sudah mempunyai standar pelayanan yang baku dan melibatkan tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda, LSM Anak, Forum Anak dan sejumlah komponen masyarakat lainnya dalam penyusunan standar pelayanan,’’ timpa Adi Hidayah Saputra, S.STP, Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan dan Pemanfaatan Data.

Satu lagi, waktu layanan Disdukcapil Kota Parepare tidak memberi jeda layanan kepada masyarakat ketika masuk waktu istirahat, tetapi tetap ada dua atau tiga petugas operator yang melayani warga selama jam istirahat tersebut.

“Jadi masyarakat yang datang saat jam istirahat siang tetap kami layani,’’ jelas Saifullah.

Di Sulawesi Selatan, selain Disdukcapil Kota Parepare, dua daerah lainnya yakni Disdukcapil Kota Makassar dan Disdukcapil Kabupaten Maros, meraih hasil serupa atau masuk Kategori A.
Sedangkan Disdukcapil lainnya rata-rata masuk Kategori B.

“Mudah-mudahan hasil ini tak membuat kami berpuas diri, tapi jadi motivasi bagi kami untuk terus meningkatkan kualitas layanan,’’ tutup Saifullah.

Komentar

Rekomendasi

Sidak, Pangerang Rahim: Kita Lihat Kedisiplinan dan Produktifitas Pegawai

Musrenbang Parepare Lebih Maju Implementasikan Berbasis Elektronik

Peduli Korban Bencana, DPD II Parepare berbagi ke Ratusan Warga

Wawali Ajak ASN Komitmen Jadikan Parepare Kota Smart City

Terima Kunjungan Mahasiswa Libam IAIN, Pangerang Ajak Bersinergi

Begini Kondisi Jembatan Jawi-jawi dan Tonrangeng Parepare Saat Ditinjau Gubernur dan Wali Kota

Gubernur Dukung Penuh Wali Kota Parepare Tangani Banjir

Putra Asal Parepare Dikukuhkan Jadi Guru Besar Unhas

Bahas Soal Bencana Alam Walikota Parepare Kumpulkan Lurah dan Camat

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar