Pintu Air Bendungan Bili-bili Dibuka, Warga Sekitar Jeneberang Mulai Mengungsi

Terkini.id, Makassar – Pemerintah Kabupaten Gowa, meminta bantuan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan untuk membantu warga yang terdampak banjir akibat meluapnya aliran sungai Jeneberang.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sulawesi Selatan saat ini tengah bergerak untuk mengevakuasi warga yang terdampak banjir.

Seperti diketahui, Bupati Gowa, Adnan Ichsan YL, sebelumnya menyampaikan kondisi bendungan Bili-bili ditetapkan menjadi ‘waspada’, lantaran ketinggian air yang sudah mencapai hingga 101,36 meter.

Baca Juga: Tim Siaga Diinstruksikan Siapkan Titik Pengungsian Korban Banjir Gowa

https://www.instagram.com/p/Bs7KxyDg7cM/

Karena ketinggian air yang mencapai level waspada itu, pengelola bendungan harus melakukan pembukaan pintu air.

Baca Juga: Antisipasi Perubahan Iklim, HMPS PTP UNM Tanam dan Bagikan Pohon...

Menurut Adnan, pembukaan pintu air Bili-bili itu tentu akan berdampak banjir yang cukup tinggi.

Karena itu, dia pun mengimbau agar masyarakat mengungsi dulu dari aliran hilir sungai yang terdampak pembukaan pintu air Bendungan Bili-bili.

“Sambil kita sama-sama berdoa kepada Allah SWT agar curah hujan normal kembali dan kita semua selalu dalam lindungan Allah SWT, Amiinnnn,” imbaunya, Selasa 22 Januari 2019.

Baca Juga: Antisipasi Perubahan Iklim, HMPS PTP UNM Tanam dan Bagikan Pohon...

Wakil Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, menyebutkan, pihaknya sudah mengerahkan tim BPBD Provinsi untuk membantu mengevakuasi warga di Gowa yang terdampak bencana banjir.

“Bapak bupati Gowa meminta bantuan BPBD Provinsi dan Basarnas untuk merelokasi warga yang terdampak banjir akibat overflow Bili-bili. Dinas-dinas terkait mohon memonitor dan men-stanby-kan alatnya,” terang Andi Sudirman Sulaiman kepada aparat dan pejabat terkait.

Warga Mulai Mengungsi

Sementara itu, pantauan terkini.id, sejumlah warga di sekitar Sungai Jeneberang yang terdampak banjir akibat overflow Bendungan, mulai mengungsi.

Sejumlah warga yang mulai mengungsi tersebut misalnya di sekitar Jalan Dg Tata, Pandang-pandang, hingga Mangasa.

Bagikan