Polemik WNA China ke Indonesia, Satgas Udara: Tidak Ada Pembatasan WNA, Khususnya China

Terkini.id – Komandan Satgas Udara Penangan Covid-19, Kolonel Tek Sunu Eko Prasetyo angkat bicara perihal Warga Negara Asing atau WNA China yang tiba di Bandara Soekarno Hatta.

Sunu menyebut kedatangan WNA itu diatur dengan ketentuan yang tertera dalam Surat Edaran (SE) Nomor 8 Tahun 2021 tentang Protokol Kesehatan Perjalanan Internasional pada Masa Pandemi Covid-19.

“Mungkin perlu diluruskan, selama ini WNA tidak dilarang, artinya yang dilarang itu berpariwisata atau berpergian ke Indonesia,” ujar Sunu di Bandara Soetta, Kota Tangerang, Sabtu 8 Mei 2021.

Baca Juga: Bangkitkan UMKM di Tengah Pandemi, Phinisi Point Helat Bazaar Food,...

“Untuk WNA yang datang ke Indonesia memang sudah diatur dengan ketentuan yang sudah di tetapkan di SE 8 atau SE 13,” sambungnya.

Mengutip suaracom jaringan terkini.id Sunu menjelaskan berdasarkan SE itu tidak ada pembatasan WNA, kecuali yang melakukan perjalanan dari India.

Baca Juga: Gowa Kembali Terima Bantuan Penanganan Covid-19, Kali Ini dari BPJS...

“Pemerintah saat ini juga tidak ada pembatasan warga negara asing, khususnya (WNA) China untuk masuk keluar wilayah Indonesia,” katanya.

Sementara itu, berdasarkan yang informasi, WNA China kembali masuk ke Indonesia melalui Bandara Soetta pada Sabtu 8 Mei 2021 pagi tadi.

Para WNA tersebut datang dari Guangzhou-China dengan menggunakan pesawat China Southern Airlines dengan nomor penerbangan CZ-387.

Baca Juga: Bos BI Beberkan Resep Manjur Pemulihan Ekonomi China dan AS,...

Pesawat tersebut diketahui mendarat pukul 05.09 WIB dengan penumpang 160 orang yang terdiri 157 WNA dan 3 orang WNI.

Selanjutnya, ketiga WNI tersebut dilakukan karantina di Wisma Pademangan. Sementara, 99 WNA China dikarantina di wisma ataupun di hotel yang telah ditunjuk.

1 2
Selanjutnya
Bagikan