Makassar Terkini
Masuk

Rizal Afif: Demi Habib Bahar, Saya Disuruh Mengaku Eks Napiter

Terkini.id, Jakarta – Tersangka kasus penculikan anak, Rizal Afif lewat videonya mengaku disuruh berbohong sebagai eks napi teroris atau Napiter untuk memperbaiki citra Habib Bahar bin Smith sekaligus membela terdakwa kasus terorisme Munarman.

Adapun video Rizal Afif mengaku disuruh berbohong sebagai eks napiter demi citra Habib Bahar itu viral usai diunggah pengguna Twitter Jumianto_RK, seperti dilihat pada Jumat 27 Mei 2022.

Dalam video itu, awalnya Rizal Afif menjelaskan bahwa pengakuannya itu merupakan klarifikasi soal kabar dirinya eks napiter. Ia pun menegaskan, kabar tersebut tidak benar alias bohong.

“Tujuan saya dalam testimoni ini adalah untuk memberi klarifikasi terkait fakta pengakuan saya sebagai eks Napiter adalah tidak benar atau bohong,” ujar Rizal.

Rizal pun kemudian menceritakan kedekatan dirinya dengan Habib Bahar saat mendekam di Lapas Gunungsindur. Lewat ceritanya itu pula, ia menjelaskan awal mula dirinya kenal dengan Refly Harun.

“Bermula pada saat saya sebagai Narapidana di Lapas Gunungsindur, ketika itu saya bersama Habib Bahar sebagai murid beliau saya banyak dikenalkan kepada tokoh yang datang ke Lapas Gunungsindur, termasuk salah satunya saudara Refly Harun yang saat itu membesuk Habib Bahar,” ungkapnya.

Ketika itu, menurut Rizal, Habib Bahar berpesan kepada dirinya jika nantinya ia bebas dia akan diminta bersaksi di podcast Refly Harun untuk berbicara bahwa Bahar tidak radikal.

“Habib sempat berpesan kepada saya, nanti ketika saya bebas saya akan dimintai bersaksi atau berbicara bahwa Habib Bahar bin Smith tidaklah radikal dan beliau seorang yang NKRI,” tuturnya.

Kesaksiannya terkait Bahar Smith itu, kata Rizal, untuk mematahkan pernyataan KSAD Jenderal Dudung Abdurrachman.

“Hal tersebut untuk mematahkan pernyataan Pak Dudung sebagai KSAD,” bebernya.

Setelah bebas dari Lapas Gunungsindur, Rizal Afif pun mengaku dihubungi oleh Refly Harun untuk hadir di podcast Refly.

“Kemudian setelah saya bebas dari Lapas Gunungsindur saya dihubungi oleh Refly Harun untuk datang ke Podcast beliau,” jelasnya.

Menurut pengakuan Rizal, dalam podcast itu dirinya disuruh berbohong dengan mengaku sebagai eks napiter demi pencitraan Habib Bahar sekaligus membantah tuduhan bahwa Munarman terlibat jaringan terorisme ISIS.

“Isi podcast sejalan dengan pesan Habib dan sudah diketahui oleh saudara Refly Harun yaitu saya mengaku sebagai eks Napiter untuk mengangkat citra beliau (Habib Bahar) dan sekaligus menyangkal saudara Munarman terlibat jaringan kelompok terorisme atau ISIS itu tidak benar,” ungkap Rizal.

Usai berbohong sebagai eks napiter dalam podcast Refly Harun demi memperbaiki citra Habib Bahar, Rizal Afif pun mengaku diberi uang oleh Refly sebanyak Rp7 juta.

“Setelah acara podcast tersebut saya diberi uang cash sebesar Rp7 juta oleh Refly Harun dan setelah itu saya kembali ke rumah,” ujarnya.