Tolak RUU KUHP, Rocky Gerung: Mestinya Mereka yang Memuji Pemerintah itu Dihukum

Terkini.id, Jakarta – Pengamat politik dan pakar filsafat Universitas Indonesia Rocky Gerung memberikan komentar terhadap isu akan disahkannya RUU KUHP

Komentar tersebut dapat dilihat melalui channel youtube resmi Rocky Gerung Official yang diunggah pada Kamis, 23 Juni 2022. 

Dalam video tersebut Rocky Gerung memberikan tanggapannya terhadap RUU KUHP yang menurutnya dapat menjadi alat untuk melindungi rezim. 

Baca Juga: Sebut Benny Mamoto Harus Introspeksi Diri Karena Terus Dihujat, Rocky...

“Ini bahayanya kalau undang-undang itu memang sekedar didesain untuk menyelamatkan sebuah rezim, bukan untuk membentuk sebuah masyarakat yang berpikiran demokratis” ujar Rocky dalam video berdurasi 22 menit 24 detik tersebut. 

Pernyataan tersebut kemudian dilempar dengan pertanyaan dari Hersubeno Arief Jurnalis Senior kepada Rocky tentang tanggapannya terkait diri Rocky yang suka mengkritik dengan satire kepada pemerintah. 

Baca Juga: Pasca Ditetapkannya Ferdy Sambo Jadi Tersangka Kasus Tewasnya Brigadir J,...

“Bagaimana dengan Anda, karena Anda ini kan suka menyampaikan satire ini kan bahaya nih,” tanya Hersu. 

Rocky menjawab penuh heran karena kritik pemerintah adalah hal yang biasa kenapa harus diomelin. Dirinya bahkan menganggap bila kena omel akibat kritik maka itu hal yang lucu.

“Ya itu sama saja kan, saya kan mengkritik pemerintah tuh kenapa saya diomelin kan lucu,” ucap Rocky.

Baca Juga: Pasca Ditetapkannya Ferdy Sambo Jadi Tersangka Kasus Tewasnya Brigadir J,...

Rocky juga menyamakan kondisinya mengkritik dengan yang memuji-muji Jokowi.  

“Mereka memuji-muji pemerintah enggak pernah saya omelin, kan biasa aja kritik dan puji itu silahkan kalian puji tuh,” pungkas Rocky. 

Mantan dosen Universitas Indonesia tersebut juga menyebutkan bahwa seharusnya orang yang memuji juga dihukum karena tidak dapat membuktikan apa yang dipujinya. 

“Kan mestinya mereka yang memuji pemerintah itu dihukum kan karena masa memuji sesuatu yang enggak ada tuh,” lanjut Rocky.

 

 

Bagikan