Rumah Bersebelahan dengan Masjid, Pria Nasrani: Kalau Azan Saya Ikut

Terkini.id, Jakarta – Sebuah video yang memperlihatkan seorang pria beragama Nasrani mengaku sering ikut mengucapkan kalimat azan lantaran rumah tempat tinggalnya bersebelahan dengan masjid, viral di media sosial.

Video pria Nasrani mengaku kerap ikut mengucapkan azan karena rumah kediamannya bersebelahan dengan masjid itu viral usai diunggah pengguna Twitter Tukangrosok_, seperti dilihat pada Senin 17 Januari 2022.

Dalam narasi cuitannya, netizen itu dalam bahasa Inggris mengaku salut dengan sikap sang pria Nasrani tersebut.

Baca Juga: Masjid 99 Kubah Asmaul Husna Makassar Kumandangkan Dua Kali Azan...

“Respect Peace,” cuit netizen Tukangrosok_.

Dilihat dari video itu, tampak pria Nasrani tersebut awalnya mengaku sebagai pemeluk agama Kristen Protestan.

Baca Juga: Azan sebagai Praktik Komunikasi Islam

“Gaes, saya itu agamanya Kristen Protestan. Tapi adakah tidak yang sama seperti saya untuk teman-teman beragama Kristen,” ujar pria itu.

Ia pun mengungkapkan bahwa selama 25 tahun dirinya tinggal di rumah yang bersebelahan dengan masjid. Tiap pagi pun, kata sang pemeluk Nasrani itu, ia dibangunkan oleh azan salat Subuh.

“Saya punya rumah bersebelahan dengan masjid. Jadi selama 25 tahun saya hidup setiap pagi itu saya dibangunkan oleh salat Subuh,” ungkapnya.

Baca Juga: Azan sebagai Praktik Komunikasi Islam

Lantaran rumahnya bersebelahan dengan masjid, pria itu pun mengaku suara azan yang berkumandang saat waktu salat tiba sangat teringat jelas di kepalanya.

“Jadi setiap mereka umat Muslim salat subuh, salat dzuhur, salat Asar, salat Maghrib, salat Isya, kan masjid itu bunyi jadi otomatis yang berkumandang (azan) itu masuk di sini (kepala),” tuturnya.

Maka dari itu, setiap kali azan berkumandang di masjid tersebut dirinya juga sering ikut mengucapkan kalimat azan itu.

“Jadi setiap kali kalau mereka (Muslim) lagi azan, saya juga ikut-ikutan. Contohnya ‘Ayshadu Anna Muhhammadarrasulullah’, jadi seperti begitu,” ucapnya.

Bahkan, kata pria Nasrani itu, dirinya sampai menghafal kalimat azan tersebut lantaran rumah kediamannya bersebelahan dengan masjid.

“Saya sampai hafal dari awal sampai akhir karena rumah saya di sebelah masjid. Salam toleransi,” ujarnya.

Bagikan