Sampoerna gandeng JPK Sulsel Salurkan Bantuan Masker dan Disinfektan ke Pemkot Makassar

Terkini.id — PT Sampoerna Tbk menggandeng Jurnalis Peduli Kemanusiaan (JPK) Sulsel untuk menyalurkan 5.000 bantuan masker medis dan 100 liter cairan disinfektan kepada Pemerintah Kota Makassar di Posko Induk Gugus Tugas Covid-19 Makassar, Selasa 5 Mei 2020.

“Kami dari Pemkot Makassar mengucapkan terima kasih atas bantuan ini. Pemberian masker medis tersebut sangat membantu tenaga medis apalagi masker medis sangat sulit ditemukan dalam kondisi sekarang ini,” tutur Pejabat Wali Kota Makassar, M Iqbal Suhaeb.

Menurut Iqbal, pemberian bantuan itu sebagai bentuk dukungan dan partisipasi berbagai elemen terhadap upaya penanganan Pandemi Covid-19 di Makassar maupun Sulsel secara umum merupakan manifestasi gotong royong dalam tataran kemanusiaan.

Baca Juga: Jelang Penerapan PPKM Level 3, Pemkot Makassar Bakal Perketat Wilayah...

“Pandemi ini adalah lawan kita bersama, memberikan segala upaya yang kita miliki untuk melewati masa-masa pandemi jadi bagian ikhtiar maksimal,” tambahnya.

Rencananya, bantuan masker medis itu akan didistribusikan ke seluruh puskesmas dan rumah sakit yang ada di Kota Makassar untuk digunakan para medis merawat pasien korona.

Baca Juga: Antisipasi Varian Baru Omicron, Satgas Sulsel Pantau Pergerakan Covid-19

Koordinator JPK Sulsel Darwin Fatir mengatakan dukungan dari Sampoerna diharapkan mampu termanfaatkan optimal dalam penanganan pandemi di Kota Makassar secara khusus. 

Selain itu, pihaknya juga bersiap untuk mendistribusikan sejumlah item bantuan dari Sampoerna yang diperuntukkan bagi masyarakat, jurnalis dan tenaga medis dalam proteksi diri dari potensi terpapar covid

Jumlah bantuan yang akan didistribusikan diluar bantuan ke Posko Induk covid-19 oleh KPK Sulsel sebanyak  yakni 750 lembar masker kain untuk masyarakat serta 1.000 lembar masker bedah yang direncanakan dibagikan kepada tenaga medis di Kota Makassar.

Baca Juga: Antisipasi Varian Baru Omicron, Satgas Sulsel Pantau Pergerakan Covid-19

Selain itu, JPK Sulsel juga menerima bantuan 100 paket hygiene dan kesehatan, berisi masing-masing berisi masker kain, dan sary handsanitizer serta 14 tablet vitamin bagi jurnalis yang saat ini berjibaku dalam garda terdepan menyampaian informasi aktual perihal situasi penanganan dan dampak pandemi di Kota Makassar.

“Bantuan sekecil apapun akan sangat membantu tenaga medis dan masyarakat yang terdampak untuk ikut melawan virus korona,” kata Ketua AJI Makassar itu.

Sebelumnya, Sampoerna untuk Indonesia juga telah merealisasikan bantuan berupa 100 paket APD full set yang diterima oleh Ketua Gugus Tugas Covid-19 Sulsel  Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah, pekan lalu di Gubernuran.

JPK Sulsel terbentuk atas inisiasi dari sejumlah organisasi pers diantaranya Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Makassar, Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Sulawesi Selatan, Perhimpunan Jurnalis Indonesia (PJI) Sulsel, dan Pewarta Foto Indonesia (PFI) Makassar.

Bagikan