Saut Situmorang Bantah Pengunduran Dirinya Terkait Hasil Capim KPK, Ini Alasan Sebenarnya

Saut Situmorang
Saut Situmorang. (Foto: Antara)

Terkini.id, Jakarta – Wakil Ketua KPK Saut Situmorang mundur sebagai pimpinan KPK 2015-2019 setelah DPR memilih Firli Bahuri, capim KPK yang disebut melakukan pelanggaran etik berat, sebagai ketua lembaga antirasuah periode 2019-2023.

Hal itu diungkapkannya melalui surat elektronik yang dikirimkan ke seluruh pegawai KPK, Jumat, 13 September 2019.

“Saudara-saudara yang terkasih dalam nama Tuhan yang mengasihi kita semua, izinkan saya bersama ini menyampaikan beberapa hal sehubungan dengan pengunduran diri saya sebagai Pimpinan KPK-terhitung mulai Senin 16 September 2019,” kata Saut seperti dilansir dari CNN Indonesia, Jumat, 13 September 2019.

Saut mengatakan masih ada dua kegiatan lagi sebelum mengundurkan diri, yakni acara di Yogyakarta pada Sabtu-Minggu, 14-15 September 2019, bertajuk Jelajah Dongeng anti korupsi.

Dia pun menyampaikan ucapan perpisahannya kepada sejumlah pihak di KPK. Di antaranya, Sekjen KPK, tim Pinda, Korsepim, Koordinator Wilayah, dan para pegawai KPK lainnya.

Saut Situmorang
Saut Situmorang. (Foto: Tribunnews)

Alasan pengunduran diri Saut Situmorang 

Saut Situmorang juga menyayangkan surat untuk internal KPK terkait pengunduran dirinya tersebar luas. Dia juga menceritakan beberapa saat setelah memutuskan pengunduran diri tersebut.

Saut Situmorang, membantah anggapan yang menyebut dirinya mengundurkan diri karena kecewa dengan hasil Panitia Seleksi Calon Pimpinan (Pansel Capim) KPK. Ia menegaskan anggapan itu keliru.

“Kemarin kan saya sepertinya dinilai itu nggak terima hasil Pansel, Capim, nggak. Saya katakan nothing personal buat mereka semua, nggak ada yang persoalan di situ,” kata Saut seperti dilansir dari Detik, Jumat, 13 September 2019.

Hal itu disampaikan Saut usai menjadi pembicara workshop dan talkshow ‘literasi berintegritas’ di Taman Bacaan Masyarakat Mata Aksara, Jalan Kaliurang Km 14 nomor 15A, Umbulharjo, Ngemplak, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Saut menjelaskan, alasan pengunduran dirinya sebagai Wakil Ketua KPK merupakan hasil akumulasi pemikirannya selama ini. Saut pun menolak anggapan yang menyebut pengunduran dirinya karena kecewa dengan hasil seleksi pimpinan KPK.

“Itu kan (keputusan pengunduran diri) akumulasi pemikiran saya, gitu. Cuma yang jadi pertanyaan ketika saya sudah mengumumkan itu kan sebenarnya (buat) internal ya. Sebenarnya jangan keluar dulu, kan itu prosesnya juga panjang,” ujarnya.

Berita Terkait